Pengaruh Pembelajaran Daring Berbasis RME terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas Empat

Penulis

  • Herisa Sholeha Institut Prima Bangsa
  • Heronemus Sujati Universitas PGRI Yogyakarta
  • Asrofi Abdul Muhaimin Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.52188/jendelaaswaja.v5i4.1775

Kata Kunci:

Pembelajaran Online, RME, Motivasi

Abstrak

Tujaun penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran daring berbasis Realistic Mathematics Education (RME) terhadap motivasi belajar siswa kelas IV sekolah dasar.

Bahan dan Metode. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berbasis survei. Populasi penelitian terdiri dari 840 siswa kelas IV dari sekolah dasar di Kabupaten Dukuntang. Sampel penelitian dipilih menggunakan metode sampling acak sederhana, menghasilkan 271 siswa sebagai responden. Data penelitian dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner motivasi belajar yang telah tervalidasi dan pedoman wawancara untuk memperkuat temuan kuantitatif. Teknik analisis data meliputi analisis deskriptif dan inferensial, termasuk uji normalitas dan linearitas serta analisis regresi, untuk menentukan pengaruh variabel pembelajaran daring berbasis RME terhadap motivasi belajar siswa.

Hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring berbasis RME meningkatkan motivasi belajar siswa hingga 85% atau dalam kategori tinggi, menunjukkan bahwa pendekatan ini efektif dalam membantu siswa memahami materi matematika secara lebih kontekstual dan bermakna.

Kesimpulan. Pembelajaran daring berbasis RME direkomendasikan sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di tingkat sekolah dasar.

Diterbitkan

2025-12-18

Cara Mengutip

Sholeha, H., Sujati, H. ., & Muhaimin, A. A. . (2025). Pengaruh Pembelajaran Daring Berbasis RME terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas Empat. Jurnal Jembatan Efektivitas Ilmu Dan Akhlak Ahlussunah Wal Jama’ah, 6(4), 587-598. https://doi.org/10.52188/jendelaaswaja.v5i4.1775