Pengaruh Perkembangan Kecerdasan Buatan Terhadap Transformasi Perguruan Tinggi Swasta : Studi Kasus Di Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

Penulis

  • Abdul Kohar Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.52188/jeas.v4i02.1308

Kata Kunci:

Artificial Intelligence, Digital Transformation, Private Universities

Abstrak

Tujuan penelitian. Perkembangan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) telah menjadi pendorong utama transformasi di berbagai sektor, termasuk pendidikan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak implementasi AI terhadap transformasi institusional di Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon sebagai salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia.

Bahan dan metode. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi terhadap sistem akademik dan layanan kampus berbasis teknologi.

Hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa AI berperan penting dalam meningkatkan efisiensi layanan administrasi akademik, personalisasi pembelajaran, serta pendukung pengambilan keputusan berbasis data. Namun demikian, masih terdapat berbagai tantangan seperti keterbatasan kompetensi SDM, infrastruktur teknologi yang belum merata, serta belum tersedianya pedoman etika pemanfaatan AI.

Kesimpulan. Studi ini menegaskan bahwa transformasi berbasis AI membutuhkan pendekatan yang strategis dan inklusif agar mampu mengoptimalkan potensi AI secara berkelanjutan di lingkungan perguruan tinggi swasta.

Referensi

Holmes, W., Bialik, M., & Fadel, C. (2019). Artificial intelligence in education: Promises and implications for teaching and learning. Boston: Center for Curriculum Redesign.

Kaplan, A., & Haenlein, M. (2019). Siri, Siri, in my hand: Who’s the fairest in the land? On the interpretations, illustrations, and implications of artificial intelligence. Business Horizons, 62(1), 15–25. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2018.08.004

Luckin, R., Holmes, W., Griffiths, M., & Forcier, L. B. (2016). Intelligence Unleashed: An argument for AI in education. Pearson Education. Retrieved from https://www.pearson.com

Ministry of Education, Culture, Research, and Technology of the Republic of Indonesia. (2021). Peta jalan transformasi digital pendidikan tinggi 2021–2024. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Rogers, E. M. (2003). Diffusion of innovations (5th ed.). New York: Free Press.

Russell, S., & Norvig, P. (2016). Artificial intelligence: A modern approach (3rd ed.). London: Pearson.

Westerman, G., Bonnet, D., & McAfee, A. (2011). Digital transformation: A roadmap for billion-dollar organizations. MIT Center for Digital Business and Capgemini Consulting.

Zawacki-Richter, O., Marín, V. I., Bond, M., & Gouverneur, F. (2019). Systematic review of research on artificial intelligence applications in higher education – Where are the educators? International Journal of Educational Technology in Higher Education, 16(1), 1–27. https://doi.org/10.1186/s41239-019-0171-0

Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon. (2022). Rencana Strategis UNU Cirebon 2021–2025. Cirebon: LPPM dan Biro Perencanaan UNU.

Diterbitkan

2025-06-22

Cara Mengutip

Kohar, A. . (2025). Pengaruh Perkembangan Kecerdasan Buatan Terhadap Transformasi Perguruan Tinggi Swasta : Studi Kasus Di Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon. Jurnal Jembatan Efektivitas Ilmu Dan Akhlak Ahlussunah Wal Jama’ah, 4(02), 79-85. https://doi.org/10.52188/jeas.v4i02.1308

Terbitan

Bagian

Articles