PENGEMBANGANGAN POLA PIKIR SISWA/SISWI SMPN 1 KAPETAKAN MELALUI PELATIHAN LITERASI DIGITAL TERHADAP ASPEK PENDIDIKAN
Kata Kunci:
Pelatihan, Literasi Digital, Pendidikan, Pola PikirAbstrak
Mahasiswa mempunyai peran strategis sebagai agent of change. Kuliah Kerja Nyata adalah salah satu wujud pengabdian mahasiswa perguruan tinggi kepada masyarakat lewat pemberian bantuan pelatihan. Ada beberapa permasalahan untuk menerapkan literasi digital di sekolah. Pertama, belum adanya kurikulum kecakapan literasi digital yang diterapkan di semua sekolah. Kedua, masih minimnya kecakapan literasi digital yang dimilliki oleh para siswa/siswi. Hal ini juga terjadi di SMPN 1 Kapetakan, sehingga perlu diadakan Sosialisasi literasi digital berbasis sekolah untuk menunjang keberhasilan budaya gerakan literasi sekolah. Oleh karena itu, dilakukan kegiatan Sosialisasi dengan menerapkam metode pelatihan mengenai literasi digital kepada siswa/siswi SMPN 1 Kapetakan. Peserta kegiatan pelatihan ini dihadiri oleh kelas XI yang berjumlah 65 Siswa/siswi. Tujuannya agar siswa/siswi memiliki pengetahuan dan kecakapan menggunakan teknologi digital untuk mengakses dan mengelola informasi; membangun pengetahuan baru; serta berkomunikasi dengan orang lain agar terhubung dan berpartisipasi secara efektif. Pemahaman responden atas konstruk informasi yang baik dalam ranah digital menjadi catatan menarik dalam penelitian ini. Demikian, seluruh temuan menandai poin penting bahwa potensi-potensi tersebut masih dapat ditingkatkan. Hal ini menunjukkan bahwa secara umum siswa SMPN 1 Kapetakan telah memiliki perangkat yang memadai untuk mengakses internet, namun demikian siswa-siswa tersebut secara umum masih belum dapat memahami secara utuh terkait unsur kebermanfaatan dan penggunaan gawai yang baik dan optimal