PEMANFAATAN PEMASARAN DIGITAL MARKETING TERHADAP USAHA PENGRAJIN SAMPAH PLASTIK DI DESA PEGAGAN KIDUL

Authors

  • Muhammad Mahfud Gunawan
  • Siti Afipah Nurhamidiyah
  • Faizah
  • Arid Fitrah Perdana
  • Triana

Keywords:

Pemanfaatan, Pemasaran Digital, Sampah Plastik

Abstract

Perkembangan teknologi yang sangat pesat menyebabkan terjadinya perubahan dalam berbagai bidang kebutuhan manusia salah satunya pada bidang bisnis. Adanya Digital marketing atau pemasaran secara digital memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk dapat memasarkan produknya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran pemanfaatan digital marketing terhadap usaha pengrajin sampah plastik di Desa Pegagan Kidul. Pengrajin sampah plastik adalah masyarakt yang mengolah sampah plastik menjadi kreasi yang kreatif dan bernilai ekonomis. Metode penelitian ini menggunakan pemanfaatan ini adalah metode Participatory Rular Appraisal (PRA) yang mana lebih meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam kegiatan penelitian ini. Hasil dari kegiatan yang telah dilakukan memperoleh bahwa pelaku usaha dan masyarakat sudah memahami dan bisa mengimplementasikan sosialiasi dan pelatihan yang diberikan mengenai penggunaan media sosial seperti marketplace Facebook dan whatsap Bussines.

Published

2024-05-14

How to Cite

Mahfud Gunawan, M., Afipah Nurhamidiyah, S., Faizah, Fitrah Perdana, A., & Triana. (2024). PEMANFAATAN PEMASARAN DIGITAL MARKETING TERHADAP USAHA PENGRAJIN SAMPAH PLASTIK DI DESA PEGAGAN KIDUL. Proceedings of the National Seminar on Community Service, 3(-), 359-367. Retrieved from https://journal.unucirebon.ac.id/index.php/prosiding-semnas/article/view/687