PENGARUH LITERASI UNTUK MENUNJANG MINAT BACA SISWA TERHADAP SEJARAH LOKAL DI SD NEGERI 2 KARANGKENDAL

Authors

  • Pupu Sri Sumaya
  • Ahmad Taryono
  • Novi Riyanti
  • Dede Riyanti
  • Masna

Keywords:

Pengaruh, literasi, minat baca, sejarah lokal

Abstract

Literasi sejarah lokal dapat berperan dalam meningkatkan empati untuk memahami siswa terhadap sejarah dan budaya yang terdapat diwilayahnya, dikarenakan siswa merupakan penerus bangsa guna membangun wilayahnya. Melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) sebagai bentuk pengabdian
kepada masyarakat dilakukan secara mandiri yang salah satu outputnya adalah artikel ilmiah. Penelitian artikel ilmiah ini menggali informasi dari beberapa responden di Sekolah Dasar Negeri 2 Karangkendal untuk mengetahui tingkat minat baca siswa terhadap ilmu sejarah desa yang memiliki peran penting hingga desa Karangkendal menjadi titik ramai di Kecamatan Kapetakan. Metode penelitian diskripsi kualitatif dengan pengumpulan data melalui metode 0bservasi, survei dan wawancara serta dokumentasi dengan menggunakan latar alamiah sehingga dapat menafsirkan fenomena yang terjadi. Tujuan penelitian untuk menjelaskan dan menganalisa bagaimana pengaruh literasi guna menunjang minat baca siswa terhadap sejarah lokal. Hasil penelitian memberikan edukasi kepada anak – anak sekolah dasar agar dapat mempelajari dan memahami makna dari peristiwa yang terjadi dimasa lampau khususnya daerah sendiri, sehingga anak – anak dapat memahami sejarah melalui peningkatan literasi baik dari buku atau dari media sosial (teknologi), kemudian dapat
diketahui juga bahwa terdapat pengaruh yang baik antara pelaksanaan literasi sejarah lokal yang ada dengan peningkatan minat baca siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Karangkendal

Published

2024-05-14

How to Cite

Sri Sumaya, P., Taryono, A., Riyanti, N., Riyanti, D., & Masna. (2024). PENGARUH LITERASI UNTUK MENUNJANG MINAT BACA SISWA TERHADAP SEJARAH LOKAL DI SD NEGERI 2 KARANGKENDAL. Proceedings of the National Seminar on Community Service, 3(-), 312-327. Retrieved from https://journal.unucirebon.ac.id/index.php/prosiding-semnas/article/view/677