PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PEMANFAATAN LITERASI DIGITAL

Penulis

  • Amir Machmud
  • Fahmi Abdul Gani
  • Laitsa Nailis S
  • Nandang Kurniawan
  • Tika

Kata Kunci:

literasi digital, pembelajaran tematik, pendidikan karakter

Abstrak

Penguatan pendidikan karakter perlu ditanamkan kepada siswa di era pesatnya teknologi yang membawa pengaruh positif dan negatif. Dimana perkembangannya ini juga harus diimbangi dengan penanaman pendidikan karakter sejak dini untuk menghindarkan siswa dari krisisnya nilai karakter,
antara lain dapat dilakukan melalui literasi digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat literasi digital dalam menumbuhkan dan menguatkan pendidikan karakter siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif-kualitatif dengan pendekatan
studi pustaka, sumber data diperoleh dari hasil analisis dan simpulan yang diperoleh dari jurnal. Hasil analisis dari penelitian ini adalah dalam menguatkan pendidikan karakter siswa sekolah dasar di abad 21 literasi digital berperan penting sebagai media pendukung karena siswa cenderung lebih tertarik dengan teknologi, internet, media sosial, dan lainnya, serta di dukung dengan pembelajaran tematik yang diajarkan di sekolah dasar yang memuat integrasi nilai-nilai karakter di setiap pembelajarannya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemanfaatan literasi digital mampu menguatkan nilai karakter siswa dengan diimbangi pengawasan dari orang tua dan guru dalam penggunaannya.

Diterbitkan

2024-05-14

Cara Mengutip

Machmud, A. ., Abdul Gani, F. ., Nailis S, L., Kurniawan, N. ., & Tika. (2024). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PEMANFAATAN LITERASI DIGITAL. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat, 3(-), 153-167. Diambil dari https://journal.unucirebon.ac.id/index.php/prosiding-semnas/article/view/676