PERAN MAHASISWA DALAM KEGIATAN PENGABDIAN MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN LITERASI KEUANGAN DIKALANGAN UMKM DESA SURANENGGALA

Authors

  • Dewi Asiyah
  • Maria Abas
  • Fatihul Barri Al Mahmuot
  • M. Abduloh Nuh
  • Deden Irfan Maulana

DOI:

https://doi.org/10.52188/psnpm.v3i.656

Keywords:

mahasiswa, pengabdian, literasi keuangan, UMKM

Abstract

Peran penting partisipasi masyarakat dalam meningkatkan literasi keuangan dalam konteks Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Desa Suranenggala merupakan elemen kunci dalam pertumbuhan perekonomian, khususnya di komunitas pedesaan dimana UMKM menjadi mata uang
penting dalam perdagangan lokal. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan pemahaman peserta terhadap konsep yang berkaitan dengan manajemen risiko dan investasi, perencanaan anggaran, pengelolaan arus kas, dan dasar-dasar keuangan. Selain itu, program ini mendorong
peserta untuk membuka rekening bank, melakukan investasi yang lebih hati-hati, dan mengakses layanan perbankan formal. Metode yang digunakan melalui pendekatan deskriptif dengan menceritakan data yang didapatkan saat proses pemeriksaan, baik data berupa hasil wawancara
maupun hasil observasi oleh mahasiwa pengabdian masyarakat yang berfokus pada peningkatan literasi keuangan dikalangan UMKM Desa Suranenggala. Hasilnya menunjukkan bahwa penjangkauan pengabdian masyarakat merupakan strategi yang efektif untuk meningkatkan tingkat
literasi keuangan di wilayah UMKM Desa Suranenggala. Selain itu, artikel ini membawa dampak yang signifikan dalam meningkatkan pemahaman dan praktik keuangan dalam komunitas ini dengan temuan pendidikan keuangan membawa perubahan, akses keuangan terbuka, peran vital
pendampingan, dan komunitas yang mendukung.

Published

2024-05-14

How to Cite

Asiyah, D., Abas, M., Barri Al Mahmuot, F., Nuh, M. A. ., & Irfan Maulana, D. (2024). PERAN MAHASISWA DALAM KEGIATAN PENGABDIAN MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN LITERASI KEUANGAN DIKALANGAN UMKM DESA SURANENGGALA. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat, 3, 110-120. https://doi.org/10.52188/psnpm.v3i.656

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)