Efektivitas Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Untuk Memahami Isi Bacaan Di SDN 1 Picungpugur

Penulis

  • Sulaeman Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Erna Dewika Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Astri Wulandari Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Adryan Fahryansyah Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Sri Mulya Ningsih Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.52188/psnpm.v4i-.1010

Kata Kunci:

Efektivitas, Metode bercerita, Kemampuan siswa

Abstrak

Efektivitas metode bercerita tidak hanya diketahui dari semakin meningkatnya kemampuan siswa dalam memahami isi bacaan, namun dapat dilihat dari kemampuan guru dalam menerapkan metode bercerita. Peran guru dalam menerapkan metode bercerita untuk meningkatkan kemampuan siswa memahami isi bacaan sangat diperlukan, maka guru harus mempunyai kompetensi yaitu seperangkat pengetahuan, keterampilan dan perilaku yang harus dimiliki, diinternalisasikan dan dikuasai guru dalam melaksanakan tugas profesionalnya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan studi dokumentasi dan observasi. Hasil dari data yang dikumpulkan menunjukkan bahwa keefektifan metode bercerita dalam meningkatkan kemampuan siswa untuk memahami isi bacaan di kelas 2 SDN 1 Picungpugur yaitu peran guru sangat diperlukan dalam mengelola pembelajaran yang mempunyai berbagai kemampuan dalam hal pemahaman siswa, guru  juga sebagai penggerak dan memotivasi siswa agar selalu bersemangat dalam belajar.

Diterbitkan

2024-11-22

Cara Mengutip

Sulaeman, Dewika, E., Wulandari, A., Fahryansyah, A., & Ningsih, S. M. . (2024). Efektivitas Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Untuk Memahami Isi Bacaan Di SDN 1 Picungpugur. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat, 4(-), 674-679. https://doi.org/10.52188/psnpm.v4i-.1010