Efektivitas Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Untuk Memahami Isi Bacaan Di SDN 1 Picungpugur
DOI:
https://doi.org/10.52188/psnpm.v4i-.1010Kata Kunci:
Efektivitas, Metode bercerita, Kemampuan siswaAbstrak
Efektivitas metode bercerita tidak hanya diketahui dari semakin meningkatnya kemampuan siswa dalam memahami isi bacaan, namun dapat dilihat dari kemampuan guru dalam menerapkan metode bercerita. Peran guru dalam menerapkan metode bercerita untuk meningkatkan kemampuan siswa memahami isi bacaan sangat diperlukan, maka guru harus mempunyai kompetensi yaitu seperangkat pengetahuan, keterampilan dan perilaku yang harus dimiliki, diinternalisasikan dan dikuasai guru dalam melaksanakan tugas profesionalnya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan studi dokumentasi dan observasi. Hasil dari data yang dikumpulkan menunjukkan bahwa keefektifan metode bercerita dalam meningkatkan kemampuan siswa untuk memahami isi bacaan di kelas 2 SDN 1 Picungpugur yaitu peran guru sangat diperlukan dalam mengelola pembelajaran yang mempunyai berbagai kemampuan dalam hal pemahaman siswa, guru juga sebagai penggerak dan memotivasi siswa agar selalu bersemangat dalam belajar.