Analisis Yuridis Normatif Terhadap Organisasi Tenaga Kependidikan Berdasarkan Tujuan Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah No. 39 Tahun 2000

Penulis

  • Nuridin Nuridin Universitas Islam Sultan Agung Semarang, Indonesia
  • Ira Alia Maerani Universitas Islam Sultan Agung Semarang, Indonesia

Kata Kunci:

Analisis Yuridis Normatif; Organisasi Tenaga Kependidikan; Peraturan Pemerintah (PP) No. 39 Tahun 2000; Tujuan Pendidikan Nasional

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana regulasi mengatur penyelenggara pendidikan menyusun analisis jabatan untuk tenaga kependidikannya berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomer 39 Tahun 2000  tentang Perubahan Peraturan Pemerintah Nomer 38 Tahun 1992 tentang Tenaga Kependidikan. Metode penelitian dalam artikel ini menggunakan metode pendekatan yuridis normatif dengan cara pendekatan perundang-undangan (statue approach). Hasil penelitian menunjukkan hasil bahwa penempatan tenaga kependidikan cukup efektif dan terorganisasi dengan baik disesuaikan dengan keahlian dan profesionalisme serta bertanggung jawab guna mewujudkan peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Diterbitkan

2025-07-27

Cara Mengutip

Nuridin, N., & Maerani, I. A. (2025). Analisis Yuridis Normatif Terhadap Organisasi Tenaga Kependidikan Berdasarkan Tujuan Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah No. 39 Tahun 2000 . Jurnal Justice Aswaja, 4(1), 1-9. Diambil dari https://journal.unucirebon.ac.id/index.php/juc/article/view/1378

Terbitan

Bagian

Articles