Modifikasi Bahan Pembuatan Bubu di Karanganyar Indramayu

Authors

  • Nino Sukario Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon, Indonesia
  • Nurul Ekawati Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon, Indonesia
  • Eulis Henda Nugraha Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon, Indonesia

Keywords:

Bubu bambu; Bubu besi; Modifikasi bubu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan biaya pembuatan dan hasil tangkapan antara bubu bambu dan bubu besi (modifikasi). Penelitian ini dilaksanakan selama tiga bulan yang bertempat di Desa Karanganyar, Kecamatan Pasekan Kabupaten Indramayu. Data yang didapatkan merupakan hasil dari observasi dan hasil wawancara, yang kemudian dibandingkan antara bubu bambu dan bubu besi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa biaya pembuatan bubu besi lebih rendah Rp105.500 dibandingkan bubu bambu dan hasil tangkapan bubu besi 12,5% lebih banyak dari bubu bambu.

References

Hartini, S.S., Sumaryam. 2018. Efisiensi Penggunaan Alat Tangkap Bubu (trap) yang Berbeda Terhadap Pendapatan Nelayan Rajungan (potunus pelagicus) di Desa Kemantren Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan Jawa Timur. Jurnal Ekonomi & Bisnis, 3(2), 791-810.

Setiawan, R., Wibowo, B.A., dan Pramonowibowo. 2013. Analisis Usaha Perikanan Pada Alat Tangkap Bubu di Perairan Rawa Pening Desa Lopait Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Jurnal of Fisheries Resources Utilization and Technology, 2(3), 131-141.

Published

2024-01-31

How to Cite

Sukario, N., Ekawati, N., & Nugraha, E. H. (2024). Modifikasi Bahan Pembuatan Bubu di Karanganyar Indramayu. Jurnal Tropika Bahari , 2(1), 21-24. Retrieved from https://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jtrbh/article/view/549