The Meningkatkan Keseimbangan Statis Melalui Permainan Tradisional Egrang Siswa Sekolah Dasar Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.52188/ijpess.v4i3.757Kata Kunci:
Variasi Pembelajaran, Penelitian Tindakan Kelas, Keseimbangan StatisAbstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui metode pembelajaran yang tepat guna untuk meningkatkan keseimbangan statis siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri : (1) persiapan (2) pelaksanaan (3) observasi (4) refleksi. Kriteria ketuntasan dalam penelitian ini ditetapkan sebesar 70% dari 7 siswa. Penelitian ini terdiri dari 7 sampel diantaranya 2 laki-laki dan 5 perempuan. Pada penelitian ini menggunakan norma tes keseimbangan statis, rumus presentase dan tabel kuantitatif. Hasil penelitian pada observasi awal, siklus satu dan dua dalam tes berdiri satu kaki pada kategori kemampuan keseimbangan kurang sekali 71,43% pada kategori kurang 28,57 dan 14,28% pada katagori cukup 71,57% dan 28,57% pada kategori baik 14,28 dan 71,43%. Hasil analisis penelitian berdasarkan data menunjukkan bahwa permainan tradisional egrang dapat digunakan oleh para pendidik dalam memilih metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan keterampilan keseimbangan statis siswa-siswi khususnya pada jenjang Sekolah Dasar.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2024 Siti Hajar Nurhasanah, Mashud Mashud, Herita Warni
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.