The Meningkatkan Keseimbangan Statis Melalui Permainan Tradisional Egrang Siswa Sekolah Dasar Kelas V

Penulis

  • Siti Hajar Nurhasanah Universitas Lambung Mangkurat
  • Mashud Mashud Universitas Lambung Mangkurat
  • Herita Warni Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.52188/ijpess.v4i3.757

Kata Kunci:

Variasi Pembelajaran, Penelitian Tindakan Kelas, Keseimbangan Statis

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui metode pembelajaran yang tepat guna untuk meningkatkan keseimbangan statis siswa  Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri : (1) persiapan (2) pelaksanaan  (3) observasi (4) refleksi. Kriteria ketuntasan dalam penelitian ini ditetapkan sebesar 70% dari 7 siswa. Penelitian ini terdiri dari 7 sampel diantaranya 2 laki-laki dan 5  perempuan. Pada penelitian ini menggunakan norma tes keseimbangan statis, rumus presentase dan tabel kuantitatif. Hasil penelitian pada observasi awal,  siklus satu dan dua dalam tes berdiri satu kaki pada kategori kemampuan keseimbangan kurang sekali 71,43% pada kategori kurang  28,57 dan 14,28% pada katagori cukup 71,57% dan 28,57% pada kategori baik 14,28 dan 71,43%. Hasil analisis penelitian berdasarkan data menunjukkan bahwa permainan tradisional egrang dapat digunakan oleh para pendidik dalam memilih metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan keterampilan keseimbangan statis siswa-siswi khususnya pada jenjang Sekolah Dasar.

 

Diterbitkan

2024-08-31

Cara Mengutip

Nurhasanah, S. H., Mashud, M., & Warni, H. . (2024). The Meningkatkan Keseimbangan Statis Melalui Permainan Tradisional Egrang Siswa Sekolah Dasar Kelas V. Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science, 4(3), 283-293. https://doi.org/10.52188/ijpess.v4i3.757

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama