Pengembangan Tutorial Perwasitan Futsal Berbasis Web

Penulis

  • Budi Valianto Budi Universitas Negeri Medan
  • Afri Tantri2 Universitas Negeri Medan
  • Zulpikar Ilham Universitas Negeri Medan
  • Afstora Afstora Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.52188/ijpess.v1i2.195

Kata Kunci:

Pengembangan, Perwasitan, Futsal, Web

Abstrak

Penelitian ini bertujuan buat membuatkan tutorial perwasitan futsal berbasis web buat penikmat futsal umum yang berisi ihwal sejarah, peraturan permainan, perwasitan, video serta kamus futsal yang praktis dipahami serta mudah didapatkan. Metode penelitian yang digunakan merupakan Research and Development dengan mengacu langkah penelitian Borg and Gall yang diadaptasi menjadi 10 langkah. Subjek penelitian ini artinya Pemain serta Wasit. Uji coba grup mungil dilakukan terhadap 8 responden, uji coba grup besar menggunakan 16 responden. Instrumen yang menggunakan angket. hasil data yang diperoleh ialah deskriptif kuantitatif serta kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari akibat angket serta lbr penilaian yang berupa nomor . Data kualitatif yang dianalisis menggunakan menggunakan skala sehingga bisa mengunjukan tingkat kelayakan produk. akibat penelitian menerangkan bahwa tutorial perwasitan futsal berbasis web layak digunakan menjadi media perwasitan futsal yang mudah dipahami serta simpel dihasilkan. hasil tersebut diperoleh dari yang akan terjadi validasi pakar materi sebanyak 93% yang berarti baik/layak, validasi ahli media yang mengambarkan akibat penilaian 89,16% yang berarti baik/layak. di uji coba grup mungil, tutorial ini menerima akibat evaluasi 86,58% yang masuk dalam kategori baik/layak dan di uji coba grup besar tutorial ini mendapat akibat penilaian 89,76% yang masuk dalam kategori baik/layak. dengan demikian mendapatkan konklusi bahwa tutorial ini baik/layak dipergunakan.

Diterbitkan

2021-11-09

Cara Mengutip

Budi, B. V., Tantri2, A. ., Ilham, Z., & Afstora, A. (2021). Pengembangan Tutorial Perwasitan Futsal Berbasis Web. Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science, 1(2), 6-18. https://doi.org/10.52188/ijpess.v1i2.195