Pengaruh Latihan Fisik Jarak Jauh Menggunakan Trampolin terhadap Pengembangan Kemampuan Fisik dan Fisiologis Tertentu untuk Meraih Prestasi Renang Gaya Dada 100m pada Remaja
DOI:
https://doi.org/10.52188/ijpess.v5i2.1157Kata Kunci:
Trampolin, Kemampuan Fisik, Gaya DadaAbstrak
Tujuan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk merancang program latihan fisik yang menggabungkan jarak yang berbeda untuk meningkatkan kemampuan fisik dan fisiologis tertentu serta memanfaatkan trampolin untuk meningkatkan performa gaya dada 100m pada perenang muda.
Bahan dan Metode. Para peneliti menggunakan metode eksperimen dengan melakukan tes awal dan akhir pada kelompok eksperimen dan kontrol. Populasi penelitian terdiri dari perenang muda dari Klub Olahraga Al-Hashd Al-Shaabi, yang mengkhususkan diri dalam nomor gaya dada 100m selama musim kompetisi 2022. Sebanyak 12 perenang dipilih menggunakan pendekatan pengambilan sampel yang komprehensif dan dibagi menjadi dua kelompok: kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dengan masing-masing kelompok terdiri dari enam perenang. Kelompok eksperimen menjalani program latihan fisik menggunakan trampolin dengan jarak yang bervariasi, dipandu oleh pemantauan detak jantung, yang dilaksanakan selama tiga sesi latihan per minggu selama delapan minggu. Analisis data dilakukan menggunakan perangkat lunak statistik SPSS.
Hasil. Hasil yang lebih baik menunjukkan bahwa latihan khusus yang disertakan dalam program pelatihan efektif dalam mengembangkan kecepatan, memungkinkan perenang untuk menyelesaikan jarak lomba secepat mungkin, sehingga menghasilkan performa yang lebih baik. Perenang dengan karakteristik ini dapat mencapai kecepatan maksimum dalam lomba, yang secara langsung memengaruhi performa.
Kesimpulan. Penelitian menyimpulkan bahwa latihan fisik menggunakan trampolin pada jarak yang berbeda memiliki dampak positif yang signifikan pada pengembangan kemampuan fisik tertentu, yang berkontribusi pada peningkatan performa gaya dada 100m pada perenang muda.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2025 Safieya Ihsan Kamil, Shahad Haitham Sheet

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.