Instrumen Kecemasan Akademik: A Systematic Literature Review

Penulis

  • Elin Maulida Rahmawati Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Ahman Universitas Pendidikan Indonesia
  • Yaya Sunarya Universitas Pendidikan Indonesia

Kata Kunci:

Kecemasan Akademik, Instrumen, Systematic Literatur Review, Mahasiswa

Abstrak

Kecemasan akademik merupakan perasaan yang mencekam dan kegelisahan terhadap segala bentuk kemungkinan yang akan terjadi, sehingga mengusik proses akademik seperti ujian, tugas, dan proses pembelajaran yang menuntut adaptasi tinggi terhadap tuntutan akademik. Kondisi ini dapat mengganggu keseimbangan emosional, menurunkan konsentrasi dan motivasi, serta berdampak negatif terhadap prestasi belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis instrumen yang digunakan dalam mengukur kecemasan akademik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan model PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyses). Dari 26 artikel yang ditemukan, hanya 7 artikel yang memenuhi kriteria inklusi dan dianalisis lebih lanjut. Hasil temuan menunjukkan bahwa Spielberger Test Anxiety Inventory (STAI) sering digunakan di kalangan peneliti karena memiliki reliabilitas tinggi dan telah banyak digunakan secara internasional, meskipun instrumen ini lebih mengukur kecemasan secara umum dibandingkan kecemasan akademik secara spesifik. Dapat disimpulkan bahwa masih diperlukan pengembangan alat ukur yang lebih kontekstual dan spesifik terhadap situasi akademik, agar dapat menggambarkan secara lebih akurat aspek kognitif, emosional, dan fisiologis dari kecemasan akademik mahasiswa.

Diterbitkan

2025-07-30

Cara Mengutip

Rahmawati, E. M., Ahman, & Sunarya, Y. (2025). Instrumen Kecemasan Akademik: A Systematic Literature Review. COUNSELIVE : Jurnal Konseling Kehidupan, 1(1), 16-24. Diambil dari https://journal.unucirebon.ac.id/index.php/counselive/article/view/1573