Upaya Meningkatkan Membaca Serta Menulis Melalui Program Becalis di SDN 1 Karangsembung
DOI:
https://doi.org/10.52188/psnpm.v4i-.1100Kata Kunci:
Sinergi, Digitalisasi, SAS, Inovasi, KreativitasAbstrak
Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan wujud nyata kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni aspek pengabdian oleh akademisi dengan lintas keilmuan pada waktu dan daerah tertentu yang telah ditujukkan oleh perguruan tinggi. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa Karangsembung, maka terjadi sinergi antara perguruan tinggi dengan masyarakat sebagai wujud pengetahuan demokrasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa kelas awal di SDN 1 Karangsembung melalui program BECALIS. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini ialah metode kualitatif. Isu yang menjadi perhatian fenomena saat ini dimana siswa yang belum mampu membaca dan menulis dengan baik, namun tetap bisa naik kelas. Siswa yang naik kelas tanpa keterampilan dasar seperti membaca dan menulis tentu akan berdampak ke depannya. Pengabdian dilakukan melalui kegiatan program kerja BECALIS (Belajar Baca Tulis). Adapun metode yang digunakan yaitu membaca menulis permulaan seperti metode abjad, eja, suku kata, dan SAS. Hasil pengabdian memberikan pemahaman kepada masyarakat terutama guru dan orang tua siswa tentang pentingnya membaca dan menulis bagi anak, bimbingan belajar, pembuatan media pembelajaran bagi guru sebagai bahan dalam mengajar di kelas dan inovasi serta kreativitas guru dalam membimbing siswa yang belum lancar membaca maupun yang belum dapat membaca.