Sosialisasi Kreativitas dan Konsentrasi Siswa Melalui Kegiatan Zentangle Circle di SDN 1 Sindangkasih

Penulis

  • Fardan Nurhadi Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Dewi Kusuma Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Suarifqi Diantama Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Muhammad Rosyid Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Laora Novitasari Pangesti Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Muthia Qurratul Aini Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.52188/junu.v2i2.1539

Kata Kunci:

Seni Rupa, Zentangle Circle, Kreativitas, Siswa Sekolah Dasar, Pembelajaran Kreatif

Abstrak

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan pemahaman siswa terhadap seni rupa melalui kegiatan simulasi Zentangle Circle di kelas VI SD Negeri 1 Sindangkasih. Zentangle Circle merupakan teknik menggambar pola berulang dalam bentuk lingkaran yang dapat melatih konsentrasi, kesabaran, dan ekspresi estetika siswa. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi tahap persiapan materi, pelatihan singkat mengenai teknik menggambar Zentangle, simulasi praktik, serta diskusi reflektif untuk menilai pemahaman dan sikap siswa. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa siswa sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran dan mampu menghasilkan karya dengan variasi pola yang unik serta komposisi visual yang harmonis. Selain itu, kegiatan ini juga meningkatkan kemampuan siswa dalam berpikir kreatif, memperhatikan detail, dan mengelola waktu selama proses berkarya. Dengan demikian, kegiatan simulasi Zentangle Circle terbukti efektif dalam menumbuhkan apresiasi seni serta mengembangkan potensi kreatif siswa di jenjang sekolah dasar.

Diterbitkan

2025-08-31

Cara Mengutip

Fardan Nurhadi, Kusuma, D., Diantama, S., Rosyid, M., Pangesti, L. N., & Aini, M. Q. (2025). Sosialisasi Kreativitas dan Konsentrasi Siswa Melalui Kegiatan Zentangle Circle di SDN 1 Sindangkasih. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Untukmu Nusantara, 2(2), 153-160. https://doi.org/10.52188/junu.v2i2.1539

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama