Sosialisasi Kreativitas dan Konsentrasi Siswa Melalui Kegiatan Zentangle Circle di SDN 1 Sindangkasih
DOI:
https://doi.org/10.52188/junu.v2i2.1539Kata Kunci:
Seni Rupa, Zentangle Circle, Kreativitas, Siswa Sekolah Dasar, Pembelajaran KreatifAbstrak
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan pemahaman siswa terhadap seni rupa melalui kegiatan simulasi Zentangle Circle di kelas VI SD Negeri 1 Sindangkasih. Zentangle Circle merupakan teknik menggambar pola berulang dalam bentuk lingkaran yang dapat melatih konsentrasi, kesabaran, dan ekspresi estetika siswa. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi tahap persiapan materi, pelatihan singkat mengenai teknik menggambar Zentangle, simulasi praktik, serta diskusi reflektif untuk menilai pemahaman dan sikap siswa. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa siswa sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran dan mampu menghasilkan karya dengan variasi pola yang unik serta komposisi visual yang harmonis. Selain itu, kegiatan ini juga meningkatkan kemampuan siswa dalam berpikir kreatif, memperhatikan detail, dan mengelola waktu selama proses berkarya. Dengan demikian, kegiatan simulasi Zentangle Circle terbukti efektif dalam menumbuhkan apresiasi seni serta mengembangkan potensi kreatif siswa di jenjang sekolah dasar.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2025 Fardan Nurhadi, Dewi Kusuma, Suarifqi Diantama, Muhammad Rosyid, Laora Novitasari Pangesti, Muthia Qurratul Aini

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.