Pelatihan Pemanfaatan Barang Bekas Menjadi Alat Peraga Edukatif

Penulis

  • Eni Fatimah Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Nidia Wulansari Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Rokhmatun Nabillah Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • A Nur Muhaimin Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Ikatun Nada Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Nabila Rizka Soraya Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.52188/junu.v2i2.1538

Kata Kunci:

alat peraga, inovatif, matematika

Abstrak

Salah satu tantangan dalam pembelajaran matematika adalah rendahnya penguasaan perkalian dasar 1-10 di kalangan siswa sekolah dasar.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan memanfaatkan barang bekas sebagai alat bantu pembelajaran inovatif dan alat peraga ramah lingkungan guna meningkatkan pemahaman konsep perkalian dasar.  Metode yang digunakan meliputi identifikasi kebutuhan siswa, pembuatan alat peraga dari barang bekas, serta pengajaran kepada siswa dan guru tentang cara menggunakan alat tersebut.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga dari barang bekas dapat secara signifikan meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman siswa terhadap konsep perkalian dasar.  Selain itu, penggunaan barang bekas juga berkontribusi pada pengembangan kreativitas dan pemikiran kritis di kelas.  Oleh karena itu, inovasi ini dapat menjadi alternatif efektif untuk meningkatkan proses pembelajaran matematika di sekolah dasar.

Diterbitkan

2025-08-31

Cara Mengutip

Eni Fatimah, Wulansari, N., Nabillah, R., Muhaimin, A. N., Nada, I., & Soraya, N. R. (2025). Pelatihan Pemanfaatan Barang Bekas Menjadi Alat Peraga Edukatif. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Untukmu Nusantara, 2(2), 148-152. https://doi.org/10.52188/junu.v2i2.1538

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama