Pelatihan Pemanfaatan Barang Bekas Menjadi Alat Peraga Edukatif
DOI:
https://doi.org/10.52188/junu.v2i2.1538Kata Kunci:
alat peraga, inovatif, matematikaAbstrak
Salah satu tantangan dalam pembelajaran matematika adalah rendahnya penguasaan perkalian dasar 1-10 di kalangan siswa sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan memanfaatkan barang bekas sebagai alat bantu pembelajaran inovatif dan alat peraga ramah lingkungan guna meningkatkan pemahaman konsep perkalian dasar. Metode yang digunakan meliputi identifikasi kebutuhan siswa, pembuatan alat peraga dari barang bekas, serta pengajaran kepada siswa dan guru tentang cara menggunakan alat tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga dari barang bekas dapat secara signifikan meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman siswa terhadap konsep perkalian dasar. Selain itu, penggunaan barang bekas juga berkontribusi pada pengembangan kreativitas dan pemikiran kritis di kelas. Oleh karena itu, inovasi ini dapat menjadi alternatif efektif untuk meningkatkan proses pembelajaran matematika di sekolah dasar.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2025 Eni Fatimah, Nidia Wulansari, Rokhmatun Nabillah, A Nur Muhaimin, Ikatun Nada, Nabila Rizka Soraya

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.