PENGEMBANGAN LMS GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN SOFTSKILL DAN TECHNICAL SKILL KARYAWAN
DOI:
https://doi.org/10.52188/junu.v1i1.1304Kata Kunci:
Google classroom, LMS, Softskill, technical skill, digital trainingAbstrak
Pengembangan kapasitas sumber daya manusia dalam industri perunggasan menjadi tantangan tersendiri, khususnya dalam peningkatan softskill dan technical skill karyawan. Keterbatasan akses terhadap pelatihan yang fleksibel dan relevan menuntut solusi inovatif berbasis teknologi. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan Learning Management System (LMS) berbasis Google Classroom sebagai media pelatihan bagi karyawan di sebuah perusahaan perunggasan di Jawa Barat. Metode pelaksanaan meliputi identifikasi kebutuhan, perancangan modul pelatihan, implementasi LMS, serta evaluasi melalui pre-test dan post-test. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan pada aspek komunikasi, penguasaan Google Workspace, serta kemandirian pelaporan digital. Google Classroom dinilai mampu memberikan kemudahan akses, meningkatkan interaksi, dan membentuk kebiasaan kerja berbasis teknologi. Meskipun terdapat kendala teknis pada sebagian peserta, kegiatan ini membuktikan bahwa pendekatan LMS efektif diterapkan di lingkungan non-pendidikan. Hasil ini memperkuat pentingnya pengembangan model pelatihan digital dalam mendukung produktivitas dan daya saing tenaga kerja di sektor perunggasan.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2024 Intan Nur Ilhami Rasyid

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.