Digital Citizenship to Prevent Cyberbullying Behaviour

Penulis

  • Elisa Ika Yuniawati Magister Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Tarumanagara
  • Jap Tji Beng Magister Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Tarumanagara
  • Sri Tiatri Magister Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Tarumanagara

DOI:

https://doi.org/10.52188/junu.v1i2.1101

Kata Kunci:

Perilaku Negatif Online, Cyberbullying, Digital Citizenship

Abstrak

Internet sebagai produk teknologi informasi dan komunikasi berdampak positif dan negatif. Salah satu dampak negatifnya yaitu munculnya perilaku negatif online seperti cyberbullying yang berdampak pada kesehatan mental yang berpengaruh pada kesejahteraan hidup dan mengganggu kognitif individu. Di Indonesia sendiri sepanjang tahun 2020 sebanyak 45% anak Indonesia berusia 14-24 dan 20% berusia 13-17 menjadi korban cyberbullying baik disekolah, rumah, maupun lingkungan sekitar. Berdasarkan hasil survei dan juga diskusi dengan guru serta pelajar sekolah menengah pertama di salah satu Kabupaten Bali, beberapa pelajar pernah mendapatkan perkataan kasar dan komentar negatif melalui jejaring sosial yang merupakan indikator dari perilaku negatif cyberbullying. Oleh karena itu, diperlukan upaya melalui pengenalan serta penerapan program khusus sebagai pencegahan sebagai intervensi yang efektif dalam menurunkan perilaku cyberbullying. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu melalui penerapan digital citizenship seperti perilaku beretika dalam dunia digital untuk mencegah individu mengekspos perilaku yang tidak pantas dalam teknologi. Adapun metode pelaksanaannya melalui psikoedukasi di sekolah terhadap pelajar dan juga guru yang dikemas dengan ceramah, permainan, dan tanya jawab interaktif. Diharapkan kegiatan ini dapat menambah pengetahuan peserta didik tentang gambaran tentang jenis perilaku negatif online cyberbullying yang terjadi antar siswa khususnya di lingkungan sekolah menengah pertama, dan memberikan gambaran pada sekolah tentang perilaku digital citizenship sehingga dapat menjadi suatu pertimbangan bagi sekolah dalam membuat kebijakan dan mengubah perilaku menjadi lebih baik serta menciptakan lingkungan sekolah yang bebas dari perilaku negatif online cyberbullying. Luaran penelitian ini yaitu: 1) Terimplementasinya perilaku digital citizenship untuk mengurangi perilaku cyberbullying, 2) hasil kegiatan ini berupa poster sebagai kampanye untuk menegah cyberbullying melalui digital citizenship

Diterbitkan

2025-02-03

Cara Mengutip

Yuniawati , E. I., Beng , J. T., & Tiatri , S. (2025). Digital Citizenship to Prevent Cyberbullying Behaviour. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Untukmu Nusantara, 1(2), 83-92. https://doi.org/10.52188/junu.v1i2.1101

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama