EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KONSELING ONLINE DI MAN 2 KABUPATEN CIREBON

Penulis

  • Wahyu Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Dewi Asiyah Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.52188/jebk.v6i1.361

Kata Kunci:

bimbingan dan konseling online

Abstrak

Pelaksanaan bimbingan dan konseling di SMA telah resmi diterima sejak lama, namun pelaksanaan dan implikasi bimbingan dan konseling di sekolah masih belum sesuai dengan harapan siswa. Fakta di atas menunjukkan bahwa layanan bimbingan dan konseling di SMA memerlukan pendekatan yang lebih inovatif dan bervariasi dalam merancang program bimbingan dan konseling di sekolah. Untuk strategi layanan bimbingan dan konseling yang kreatif, konselor dapat menggunakan berbagai media dan platform komunikasi yang akrab dengan konseli. Teknologi yang kini semakin canggih dan nyaman menurutnya menimbulkan fenomena dimana kita lebih mementingkan metode yang efektif dan efisien dalam sesi bimbingan dan konseling dengan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan gambaran efektivitas layanan bimbingan konseling online. Jenis penelitian ini dapat diklasifikasikan sebagai penelitian lapangan deskriptif kualitatif, yaitu menganalisis dan menyajikan fakta secara sistematis tentang objek yang sebenarnya, yaitu dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif ini peneliti akan menggambarkan secara komprehensif dan mendalam tentang suatu gejala. Subyek penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling di sekolah MAN 2 Kabupaten Cirebon, hal ini didasarkan pada berbagai faktor pertimbangan antara lain guru bimbingan konseling dalam penelitian ini berperan sebagai sumber data dan memahami kebutuhan siswa. dari hasil penelitian secara keseluruhan penelitian ini telah mencapai tujuan yaitu tersedianya model layanan konseling individu online di MAN 2 Cirebon. Walaupun terdapat keterbatasan proses dan hasil penelitian, namun ternyata penelitian ini telah memberikan alternatif baru dalam layanan bimbingan konseling yang diberikan yaitu dengan menggunakan fasilitas internet yang baru dilakukan di MAN 2 Cirebon karena situasi dan kondisi saat ini yang masih dalam masa pandemi covid-19 yang berdampak pada perubahan kegiatan belajar mengajar.

Diterbitkan

2025-09-01

Cara Mengutip

Wahyu, & Asiyah, D. (2025). EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KONSELING ONLINE DI MAN 2 KABUPATEN CIREBON. Jurnal Eksplorasi Bimbingan Dan Konseling , 6(1), 1-10. https://doi.org/10.52188/jebk.v6i1.361