RANCANGAN TEKNIK SELF REGULATED LE ARNING DALAM MEREDUKSI KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS VII SMP WAHIDIN KOTA CIREBON

Penulis

  • Rabiatul Adawiyah Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Andi Kiswanto Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.52188/jebk.v6i1.359

Kata Kunci:

Kejenuhan Belajar, Teknik Belajar Regulasi Diri

Abstrak

Kejenuhan di SMP Wahidin kota Cirebon masih terbilang banyak yang mengalami kejenenuhan belajar disekolah. Permasalahan ini sangat mempengaruhi pada proses pembelajaran serta mempengaruhi motivasi terhadap dirinya. Dengan demikian, maka guru bimbingan dan konseling sangat diperlukan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kejenuhan belajar pada siswa disekolah dan teknik-teknik self regulated learning dalam mereduksi kejenuhan belajar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model studi kasus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Wahidin kota Cirebon yang berjumlah 5 siswa dengan ciri-ciri tidak mengerjakan E-learning, selalu bangun kesiangan dan jenuh karena tidak bisa bertemu dengan temannya. Siswa yang memiliki ciri-ciri tersebut sesuai anjuran dari guru bimbingan dan konseling untuk dijadikan sampel penelitian. Instrumen yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi.
Data penelitian untuk mengetahui Teknik Self Regulated Learning dalam Mereduksi Kejenuhan Belajar Siswa kelas VII SMP Wahidin Kota Cirebon yang diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini merupakan deskripsi jawaban responden serta observasi langsung di SMP Wahidin Kota Cirebon. Setelah data terkumpul, maka dilakukan analisis untuk mengetahui peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa kelas VII SMP Wahidin Kota Cirebon. Selama menjadi guru bimbingn dan konseling disekolah SMP Wahidin kota Cirebon hanya menerapkan teknik diskusi dan ice breaking, sedangkan mengenai teknik-teknik yang lainnya belum pernah dilakukan. Menurut pendapatnya teknik diskusi dan ice breaking cukup mampu mengatasi kejenuhan belajar pada siswa. Hasil yang telah dicapai bisa dilihat dari antusias siswa dalam pembelajaran. Sebagian besar telah mengalami perubahan. Self regulated learning untuk di SMP diharapkan guru bimbingan menerapkan teknik self regulated learning dalam melakukan layanan tidak hanya teknik diskusi saja yang diterapkan

Diterbitkan

2025-09-01

Cara Mengutip

Adawiyah, R. ., & Kiswanto, A. (2025). RANCANGAN TEKNIK SELF REGULATED LE ARNING DALAM MEREDUKSI KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS VII SMP WAHIDIN KOTA CIREBON. Jurnal Eksplorasi Bimbingan Dan Konseling , 6(1), 11-25. https://doi.org/10.52188/jebk.v6i1.359