STUDI DESKRIPTIF KONSEP PEMAHAMAN DIRI NEGATIF SISWA KELAS VII D DI MTs NEGERI 3 CIREBON
DOI:
https://doi.org/10.52188/jebk.v6i1.353Kata Kunci:
Studi Deskriptif, Konsep Pemahaman Diri NegatifAbstrak
Konsep pemahaman diri siswa kelas VII D masih terbilang negatif pada prinsipnya siswa kelas VII D merupakan individu yang ada disekolah dan perlu diberi bimbingan berupa pengembangan diri yang bersifat layanan individu maupun layanan kelompok. Sesuai dengan usia perkembangan dan jenjang peralihan dari masa anak – anak menuju remaja awal dikenal dengan istilah masa transisi atau masa peralihan. Penelitian ini dilatar belakangi sikap pemahaman diri negative siswa kelas VII D, pentingnya penampilan modeling dari orang dewasa sebagai salah satu proses imitasi yang akan siswa pahami untuk membentuk pemahaman diri positif. Tujuan dalam penelitian ini Untuk mendeskripsikan konsep pemahaman diri negative siswa kelas VII D di MTs Negeri 3 Cirebon. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan perolehan sumber data primer siswa kelas VII D yang sesuai dengan indikator konsep pemaham diri negatif, bersama 5 responden (YM, AL, CH, AN,FR) dan data sekunder meliputi guru BK kelas VII, Wali kelas VII D. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa pedoman wawancara, pedoman observasi, pedoman dokumentasi. Analisis yang digunakan dengan teknik triangulasi data. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan yaitu konsep pemahaman diri negatif Diketahui siswa yang memiliki konsep diri dengan indikator negatif terdapat 5 siswa dari jumlah 32 Siswa kelas VII D di MTs Negeri 3 Cirebon dari hasil penelitian ini kesimpulannya bahwa konsep diri sebagian siswa kelas VII D di MTs Negeri 3 Cirebon tahun ajaran 2020/2021 cenderung pada konsep pemahaman diri negatif.





