IMPLEMENTASI MODEL DESA MIGRAN PRODUKTIF DI INDONESIA

Authors

  • Bambang Sudaryana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Cipasung

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menentukan model pengelolaan desa  yang mendukung penghentian pengiriman tenaga kerja Indonesia yang tidak terdidik ke luar negeri baik yang illegal maupun ilegal dan untuk menentukan strategi peningkatan kesejahteraan purna migrant dalam menata kehidupannya serta  strategi menata kelola desa yang penduduknya memiliki jiwa kewirausahaan .Studi ini diharapkan untuk menyelidiki bagaimana model pengelolaan desa ini dapat dijadikan digunakan oleh masyarakat desa untuk menata kehidupannya menjadi sejahtera. Gagasan ini muncul setelah menemukan bahwa praktik mengelola desa migrant tidak efektif.  Masyarakat desa Purna migrant hanya pulang untuk membelanjakan hasil kerjanya untuk pola yang konsumtif, bukan untuk investasi atau berwirausaha. Eksperimen dilakukan 1 (satu) tahun pada tahun 2019, untuk menentukan dampak implementasi model Desa migrant produktif. Sampel penelitian dilakukan terdiri dari 80 purna Migrant  di Desa Kenanga Kecamatan Sindang Kabupaten Indramayu

References

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun2014 tentang Desa.

Hardum, E., & Hernawan, A. (2018). Penguatan Perlindungan Hukum TKI di Luar Negeri Sebagai Penghasil Devisa. Tesis.

Wulan, T.R., Shodiq, D., Ramadhanti, W., & Wijayanti, S. (2015). Perlindungan Buruh Migran Dari Hulu ke HilirMelalui Desa Peduli Buruh Migran (Desbumi):Studi di Desa Kuripan Wonosobo Jawa Tengah dan Desa Nyerot Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat.

Nuraeni Y. (2018) Strategi Pengembangan UMKM Berbasis Agroindustri Melalui Program Desa Migran Produktif (Desmigratif) Dalam Rangka Perluasan Kesempatan Kerja Jurnal Akuntansi Manajerial Publikasi oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis ISSN (E): 2502-6704 Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta Vol. 3, No. 1, Januari - Juni 2018: 42-53.

Munawaroh, K. (2019). Model Pemberdayaan Masyarakat Melalui Optimalisasi Peran Pekerja Migran Indonesia (PMI) Dalam Mendorong Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di Kabupaten Lampung Timur, Tesis Magister Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung Bandar Lampung.

Sudaryana, B. (2018). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. CV. Deepublish: Jogyakarta.

Sudaryana, B. (2019). Desa Migran Produktif. CV. Deepublish: Jogyakarta.

Sudaryana, B. (2019). Model Desa Wisata Wirausaha. CV. Deepublish: Jogyakarta.

Published

2020-09-01

How to Cite

Bambang Sudaryana. (2020). IMPLEMENTASI MODEL DESA MIGRAN PRODUKTIF DI INDONESIA. Jendela ASWAJA, 1(01), 72-83. Retrieved from http://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jeas/article/view/57

Issue

Section

Articles