IMPLEMENTASI KURIKULUM MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) MELALUI PELAKSANAAN PENDIDIKAN PESANTREN DI MTs AL-ISHLAH GARAWANGI

Authors

  • Mumu Muzayyin Maq Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.52188/ja.v1i01.55

Abstract

Pendidikan sebagai proses penenuhan kebutuhan keilmuan seluruh peserta didik. Proses impelementasi pendidikan merupakan langkah dalam pemenuhan kebutuhan tersebut. Implementasi Kurikulum Madrasah Tsanawiyah (MTs) melalui Pelaksanaan Pendidikan Pesantren di MTs Al-Ishlah Garawangi Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Majalengka merupakan salah satu proses dalam upaya kolaborasi kurikulum pendidikan dengan kurilulum pesantren. Tujuan penelitian ini adalah untuk deskripsikan proses impementasi kurikulum dari sisi desain, proses dan hasil. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian seluruh tenaga pendidik dan kependidikan MTs Al-Ishlah Garawangi Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Majalengka. Hasil dari penelitian ini ialah berhubungan dengan pengembangan nilai-nilai pengembangan diri siswa terhadap penilaian norma keagamaan. Fokus implementasi pendidikan pesantren mengikuti pada program-program sekolah sebagaimana yang telah dirumuskan dalam standar kompetensi pada dokumen kurikulum madrasah. Proses implementasi pendidikan pesantren yang dikembangkan melalui program pengajaran terstruktur dan mengedepankan pengkajian nilai-nilai keagamaan.

References

Alwasilah, C., A. (2000). Pokoknya Kualitatif : Dasar-dasar Merancang dan Melakukan Penelitian Kualitatif. Bandung : Pustaka Jaya.

Creswell, J., W. (2003). Research Design: Qualitatif, Quantitatif, and Mixed Methods Approaches. Thousand Oaks, CA : SAGE Publication, Inc.

Departemen Pendidikan Nasional (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Hamalik, O. (2007). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hamalik, O. (2000). Model-Model Pengembangan Kurikulum. Bandung : Sari Perkuliahan PPS UPI Bandung.

Mulyasa, E. (2006). Kurikulum yang Disempurnakna: Pengembangan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2002) Kurikulum Berbasis Kompetensi - Konsep , Karakteristik, Implementasi, dan Inovasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, L.J. (2004). Metodologi Penelitian Kualitaf. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, W. (2005) Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sukmadinata, N., S. (2001). Pengembangan Kurikulum, Teori dan Praktek. Bandung : Rosdakarya.

Sukmadinata, N., S.. (2004). Kurikulum & Pembelajaran Kompetensi. Bandung : Yayasan Kesuma Karya.

Shaleh, A., R. (2005). Madrasah dan Pendidikan Bangsa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22, 23, dan 24 tahun 2006 (SMP/madrasah Tsanawiyah) tentang Standar Isi, SKL, dan Pelaksanaannya. Musyawarah Kelompok Kerja Madrasah Tsanawiyah Propinsi Jawa Barat.

Published

2020-08-25

How to Cite

Mumu Muzayyin Maq. (2020). IMPLEMENTASI KURIKULUM MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) MELALUI PELAKSANAAN PENDIDIKAN PESANTREN DI MTs AL-ISHLAH GARAWANGI . Jendela ASWAJA, 1(01), 48-57. https://doi.org/10.52188/ja.v1i01.55

Issue

Section

Articles