LITERATUR REVIEW: PENGEMBANGAN PROFESI GURU BAHASA INGGRIS

Authors

  • Sri Hastuti Prodi PGSD Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.52188/ja.v1i01.52

Keywords:

Pengembangan Profesi, Pelatihan, KKG/MGMP, PTK

Abstract

Artikel ini mendeskripsikan program pengembangan profesi yang diikuti oleh guru Bahasa Inggris dalam meningkatkan kompetensinya. Metode yang digunakan adalah melalui tinjauan pustaka. Sumber pustaka diambil dari jurnal, buku, dan peraturan/kebijakan pemerintah yang mengatur tentang pengembangan profesionalisme guru. Berdasarkan tinjauan pustaka, banyak guru Bahasa Inggris yang memiliki motivasi yang rendah untuk mengikuti kegiatan KKG/MGMP, pelatihan, atau melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) karena kurangnya dukungan dari pemerintah dan sekolah, baik dalam hal pelaksanaan, ketersediaan fasilitas maupun pembiayaan.. Namun, upaya peningkatan kompetensi guru dapat dilaksanakan melalui program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dengan dibimbing dan diawasi oleh pengawas sekolah

Published

2020-08-24

How to Cite

Hastuti, S. . (2020). LITERATUR REVIEW: PENGEMBANGAN PROFESI GURU BAHASA INGGRIS. Jendela ASWAJA, 1(01), 1-6. https://doi.org/10.52188/ja.v1i01.52

Issue

Section

Articles