USAHA PENANGKAPAN IKAN DENGAN DENGAN MENGGUNAKAN ALAT TANGKAP JARING RAMPUS DI KARANGSONG INDRAMAYU.

Authors

  • Eulis Henda Nugraha Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Nurul Ekawati
  • Muh. Karim

DOI:

https://doi.org/10.52188/ja.v3i02.306

Abstract

Karagsong adalah salah satu wilayah perikanan di antara sekian banyak daerah perikanan di Indramayu Jawa Barat. Masyarakat Karangsong Indramayu di kenal sebagai masyarakat yang pada umumnya adalah nelayan. Banyak nelayan yang menggunakan berbagai macam alat tangkap termasuk alat tangkap jaring rampus untuk melakukan penangkapan ikan. Daerah penangkapan nya sangat luas untuk menangkap ikan dengan menggunakan jaring rampus, maka nelayan dapat menampung hasil tangkapannya hingga satu sampai dua hari, maka mereka akan melakukan penjualan hasil tangkapan mereka.Tujuan dari skripsi ini yaitu; untuk mengetahui berapa banyak nelayan yang menggunaka alat tangkap jaring rampus. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Antara lain pengambilan data dari nelayan agar dapat mengetahui berapa banyak nelayan yang menggunakan alat tangkap jaring rampus dan berapa banyak tangkapannya, dengan menggunakan alat tangkap jaring rampus. Didalam penilitian ini, pengambilan data di dasarkan pada perbedaan status pekerjaan dalam kegiatan penangkapan ikan dengan menggunakan alat tangkap jaring rampus. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, maka peneliti dapat mengetahui berapa banyak ikan yang ditangkap nelayan dengan menggunakan alat tangkap jaring rampus.

References

Ayodhyoa, A.U. (1981). Metode Penangkapan Ikan. Yayasan Dewi Sri. Bogor.

Boediono. (1992). Ekonomi Mikro. BPFE. Yogyakarta.

Departemen Kelautan dan Perikanan. (2003). Statistik Perikanan Tangkap Indonesia. 2001. Dirjen Perikanan Tangkap. Jakarta.

Fyson Jhon. (1985). Design of Small Fishing Vessel. Food and Agriculture. Organization of United Nation (FAO).

Hasan, I. (2002). Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Ghalia Indonesia. Jakarta.

Martasuganda, S. (2002). Teknologi Penangkapan Jaring rampus . Institut Pertanian Bogor.

Miranti. (2007). Perikanan Gillnet di Pelabuhan Ratu. Instutit Pertanian Bogor.

Moleong, Lexy J.(2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya. Bandung

Sparre, P and Venema, S.C. (1999). Introduksi Pengkajian Ikan Tropis. Buku I Manual. Jakarta.

Published

2022-09-25

How to Cite

Henda Nugraha, E. ., Nurul Ekawati, & Muh. Karim. (2022). USAHA PENANGKAPAN IKAN DENGAN DENGAN MENGGUNAKAN ALAT TANGKAP JARING RAMPUS DI KARANGSONG INDRAMAYU. Jendela ASWAJA, 3(02), 18-25. https://doi.org/10.52188/ja.v3i02.306

Issue

Section

Articles