HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SEMESTER GANJIL SMP MUHAMMADIYAH 10 BELIK TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Authors

  • Fajar Nur Fuadin SMP MUHAMMADIYAH 10 BELIK KAB. PEMALANG

Abstract

Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar antara lain adalah kebiasaan belajar dan lingkungan keluarga. Kebiasaan belajar matematika yang tidak baik seperti: belajar tidak teratur, belajar hanya menjelang ulangan/ujian, dan tidak memiliki catatan yang bentuk – bentuk belajar tersebut diduga merupakan faktor yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar matematika siswa. Bahkan lingkungan keluarga yang tidak baik seperti; suasana lingkungan rumah yang gaduh dan suasana lingkungan keluarga yang tegang sehingga mengakibatkan kurang nyamannya siswa belajar matematika di rumah juga diduga menjadi faktor yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan unuk mengetahui hubungan antara kebiasaan belajar matematika siswa dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 10 Belik yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 152 siswa. Sampel sebanyak 1 kelas dengan jumlah 31 siswa yang diambil dengan teknik random sampling terhadap kelas diperoleh kelas VIII B. Teknik pengumpulan data digunakan metode angket untuk memperoleh data kebiasaan belajar matematika dan lingkungan keluarga, metode dokumentasi untuk memperoleh data hasil belajar matematika siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier ganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) ada hubungan positif dan signifikan antara kebiasaan belajar matematika terhadap hasil belajar matematika siswa dengan koefisisen korelasi sebesar 0,603 dan persamaan regresi linier sederhana 44,076 + 0,294 X1, pada taraf dignifikan 5% dengan db = 29. (2) ada hubungan positif dan signifikan antara lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,487 persamaan regresi linier sederhana  = 46,754 + 0,228 X pada taraf dignifikan 5% dengan db = 29. (3) ada hubungan positif dan signifikan kebiasaan belajar matematika dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar matematika siswa dengan koefisisen ganda sebesar 0,658 dan persamaan regresi linier ganda yaitu = 34,113 + 0,237X1 + 0,135X2  dengan db: . Sumbangan relatif yang diperoleh variabel X1 sebesar 67,68%. dan variabel Xsebesar 32,42% sedangkan sumbangan efektif yang diperoleh variabel X1 sebesar 29,26% dan variabel Xsebesar 14,04%.

Published

2021-03-19

How to Cite

Fajar Nur Fuadin. (2021). HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SEMESTER GANJIL SMP MUHAMMADIYAH 10 BELIK TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Jendela ASWAJA, 2(01), 79-88. Retrieved from http://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jeas/article/view/155

Issue

Section

Articles