Achmad Agus Yasin Fadli PENGARUH CURRENT RATIO (CR) DAN DEBT TO EQUITY RATIO (DER) TERHADAP RETURN ON EQUITY (ROE) PADA PERUSAHAAN ALKINDO NARATAMA TBK YANG TERCATAT DI BEI TAHUN PERIODE 2012 – 2019

Authors

  • Achmad Agus Yasin Fadli Universitas Pamulang

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Current Ratio terhadap Retun On Equity pada PT Alikindo Naratama Tbk, mengetahui Debt to Equity Ratio terhadap Retun On Equity pada PT Alkindo Naratama Tbk, dan mengetahui Current Ratio dan Debt to Equity Ratio secara simultan atau bersama-sama terhadap Retun On Equity pada PT Alkindo Naratama Tbk Periode 2012-2019.

Jenis penelitian ini dilakukan dalam penulisan skripsi ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, yaitu melakukan penelitian yang menggambarkan keadaan keuangan perusahaan dalam mengetahui keuntungan yang di peroleh oleh perusahaan yang dinyatakan dalam bentuk angka. Populasi yang menjadi objek penelitian ini adalah perusahaan sektor Industri Dasar dan Kimia yang tercatat di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2012-2019. Sampel dalam penelitian ini adalah laporan neraca dan laba rugi perusahaan PT Alkindo Naratama Tbk. Teknik analisis data yang digunakan antara lain statistik deskriptif data, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi, uji t dan uji F dengan menggunakan Statistical Product Service and solutions (SPSS) versi 20.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengaruh Current Ratio dan Debt to Equity Ratio terhadap Retun On Equity secara simultan atau bersama-sama pada perusahaan PT Alkindo Naratama Tbk terdapat pengaruh positif dan signifikan. Hal ini dapat ditunjukan pada hasil F hitung < dari F tabel (3.545 > 5.14). Dan angka signifikan sebesar 0.110 yang artinya lebih kecil dari alpha (0.110 > 0.05). Berdasarkan keterangan tersebut dapat disimpulkan bahwa H3o diterima dan H3a ditolak. Persamaan regresi berganda adalah Y = 0.343 – 0.089 X1 – 0.126 X2 artinya jika Current Ratio (X1) dan Debt to Equity Ratio (X2) nilainya 0, maka Retun On Equity (Y) nilainya adalah 0.343.

Published

2021-03-19

How to Cite

Achmad Agus Yasin Fadli. (2021). Achmad Agus Yasin Fadli PENGARUH CURRENT RATIO (CR) DAN DEBT TO EQUITY RATIO (DER) TERHADAP RETURN ON EQUITY (ROE) PADA PERUSAHAAN ALKINDO NARATAMA TBK YANG TERCATAT DI BEI TAHUN PERIODE 2012 – 2019. Jendela ASWAJA, 2(01), 38-52. Retrieved from http://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jeas/article/view/128

Issue

Section

Articles