MODEL PEMBELAJARAN YANG BERACUAN PADA KOMPONEN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA

Authors

  • Ardi Dwi Susandi Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

Abstract

Berpikir kritis merupakan salah satu faktor yang penting dalam  pembelajaran matematika karena dalam menyelesaikan soal menggunakan proses berpikir. Oleh sebab itu diperlukan model pembelajaran efektif yang dapat mengembangkan berpikir kritis dalam pembelajaran matematika. Artikel ini membahas tentang model-model pembelajaran yang beracuan pada komponen berpikir kritis berdasarkan langkah-langkah pembelajarannya. Hasil temuannya terdapat dua model pembelajaran yang dapat meningkatkan berpikir kritis yaitu model pembelajaran Group Investigation (GI) dan model pembelajaran penemuan (discovery). Kedua model tersebut sesuai dengan komponen berpikir kritis yaitu (1) Fokus (Focus), (2) Alasan (Reason), (3)  Kesimpulan (Inference) dan Situasi (Situation), dan (4) Kejelasan (Clarity) dan Tinjauan Ulang (Overview).

Published

2021-03-19

How to Cite

Ardi Dwi Susandi. (2021). MODEL PEMBELAJARAN YANG BERACUAN PADA KOMPONEN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA. Jendela ASWAJA, 2(01), 24-37. Retrieved from http://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jeas/article/view/127

Issue

Section

Articles