PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN BERCERITA SISWA KELAS V SD NEGERI SILIH ASUH III KOTA CIREBON
DOI:
https://doi.org/10.52188/jipda.v1i1.1028Kata Kunci:
Boneka Tangan;, Media Pembelajaran;, Kemampuan Bercerita;Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengunaan media boneka tangan dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media boneka tangan terhadap kemampuan bercerita siswa kelas V di SD Negeri Silih Asuh III Kota Cirebon. Melalui pendekatan kuantitatif, penelitian ini menggunakan metode one group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian terdiri dari satu kelas yang berjumlah 20 siswa yang diuji sebelum dan sesudah penerapan media boneka tangan. Data dikumpulkan melalui tes bercerita yang diadministrasikan dalam tiga tahap, yaitu pretest, perlakuan dan posttest. Analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada kemampuan bercerita siswa setelah dilakukannya perlakuan menggunakan media boneka tangan, dengan rata-rata skor pretest 58,5 dan posttest 91. Dari hasil uji t test yang dilakukan diperoleh nilai signifikansi 0,000. Karena nilai signifikansi < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Temuan ini menunjukkan bahwa media boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam bercerita, serta memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik. Penelitian ini menyarankan agar guru mempertimbangkan penggunaan media boneka tangan dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk meningkatkan keterampilan bercerita siswa, serta membuka peluang untuk penelitian lebih lanjut mengenai media pembelajaran yang inovatif