Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Teknik Assertive Training Terhadap Perilaku Membolos Siswa Kelas VIII SMP
DOI:
https://doi.org/10.52188/jebk.v5i2.354Kata Kunci:
Konseling Kelompok, Perilaku MembolosAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik Assertive Training terhadap perilaku membolos siswa. Penelitian ini menggunakan metode preexperimental dengan desain one group pretest-posttest. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII yang memiliki kebiasaan membolos, dengan sampel sebanyak 8 siswa yang diambil menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan berupa pretest dan posttest yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil perhitungan uji t menunjukkan nilai thitung sebesar 1,173, sementara ttabel dengan db N-1 = 7 dan taraf signifikansi 0,05 sebesar 0,754. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik Assertive Training berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengurangan perilaku membolos siswa. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas layanan bimbingan dan konseling, khususnya dalam penerapan teknik Assertive Training di sekolah