Pola Asuh Orang Tua Dalam Mendidik Anak Remaja Di Mts Negeri 11 Cirebon
DOI:
https://doi.org/10.52188/jebk.v4i2.349Kata Kunci:
mendidik, pola asuh, remajaAbstrak
Parenting merupakan perlakuan yang diberikan kepada anak dalam rangka memberikan kasih sayang, perlindungan, bimbingan, arahan dan edukasi dalam kehidupan sehari-hari serta bagaimana orang tua berperilaku dalam berhubungan dengan anaknya. Tugas dari kewajiban orang tua adalah mendidik. Dalam mendidik remaja (13-16 tahun) orang tua melakukan pola asuh yang berbeda. Mayoritas orang tua di MTs Cirebon sibuk bekerja. Hal ini terjadi berdasarkan studi kasus di MTs Negeri 11 Cirebon. Sehingga perlu dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pola asuh orang tua yang berdampak pada perilaku remaja. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus kualitatif interaktif. Subjek penelitian berjumlah 6 orang yang terdiri dari 3 orang tua dan 3 siswa (sebagian di antaranya kelas IX B, IX C, dan IX D) di MTs Negeri 11 Cirebon dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh, pola asuh orang tua dipengaruhi oleh jumlah waktu bekerja, pekerjaan, latar belakang pendidikan dan komunikasi yang dibangun dengan remaja. Hal inilah yang membedakan pola asuh dalam mendidik remaja di MTs Negeri 11 Cirebon. Sehingga karena adanya perbedaan pola asuh orang tua dapat membentuk perilaku remaja di MTs Negeri 11 Cirebon.