Peran Guru Bk Terhadap Pendidikan Karakter Siswa Kelas IX Di SMPN 2 Depok Kab. Cirebon
DOI:
https://doi.org/10.52188/jebk.v4i1.346Kata Kunci:
Peran Guru BK, Pendidikan KarakterAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Mendeskripsikan peran guru BK di SMPN 2 Depok. 2) Mendeskripsikan pendidikan karakter siswa di SMPN 2 Depok. 3) Mendeskripsikan peran guru bk dalam pendidikan karakter siswa di SMPN 2 Depok Kab. Cirebon.
Metode yang digunakan dalam penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMPN 2 Depok yang berjumlah 187 siswa. Peneliti menggunakan cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX yang diambil secara acak dengan jumlah 32 siswa. Instrumen dan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Dari hasil analisis deskriptif yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa peran guru BK di SMPN 2 Depok termasuk dalam kategori baik, hal ini dibuktikan dengan hasil angket peran guru yang hadir. oleh guru BK dengan frekuensi (73,91%). Artinya peran guru BK di SMPN 2 Depok sudah diberikan perannya dengan baik sebagai guru BK. Pendidikan karakter siswa di SMPN 2 Depok termasuk dalam kategori baik, hasil angket yang dilakukan siswa mengenai pendidikan karakter dengan frekuensi (73,85%). Artinya, pendidikan karakter yang dicapai siswa berada pada kategori baik. Peran guru dalam pendidikan karakter siswa di SMPN 2 Depok dalam kategori baik. Untuk itu, guru BK telah memberikan peran yang maksimal dalam peningkatan pendidikan karakter siswa di SMPN 2 Depok. Dengan demikian, ada peran guru bimbingan dan konseling dalam pendidikan karakter di SMPN 2 Depok.