PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA KANTONG PERKALIAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN KELAS 2 SDN SILIH ASUH III KOTA CIREBON

Penulis

  • Endang Yuda Nuryenda Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Roheni Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Gita Asri Syahfitri Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.52188/jipda.v1i1.1484

Kata Kunci:

alat peraga, pemahaman konsep, perkalian, matematika

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan alat peraga kantong perkalian pada materi perkalian terhadap pemahaman konsep perkalian kelas II SDN Silih Asuh III Kota Cirebon, untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan alat peraga kantong perkalian terhadap pemamahan konsep perkalian kelas II SDN Silih Asuh III Kota Cirebon dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengaruh penggunaan alat peraga kantong perkalian terhadap pemahaman konsep kelas II SDN Silih Asuh III Kota Cirebon. Melalui pendekatan kuantitatif, penelitian ini menggunakan metode one group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian terdiri dari satu kelas yang berjumlah 20 siswa yang diuji sebelum dan sesudah penggunaan alat peraga kantong perkalian. Data dikumpulkan melalui tes tertulis yang diadminitrasikan dalam tiga tahap, yaitu pretest, perlakuan dan posttest. Analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada pemahaman konsep perkalian setelah dilakukannya perlakuan menggunakan alat peraga kantong perkalian, dengan rata-rata skor pretest 56,9 dan rata-rata skor posttest 87. Dari hasil uji t test yang dilakukan, di peroleh nilai signifikansi 0,000. Karena nilai signifikansi < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa mengenai konsep perkalian, menegaskan bahwa alat peraga dapat berfungsi sebagai media efektif dalam pembelajaran. Temuan ini memberikan wawasan bagi pendidik untuk mengembangkan metode pengajaran yang lebih interaktif dan mendukung pemahaman dasar siswa, serta menegaskan bahwa alat peraga dapat berfungsi sebagai media efektif dalam pembelajaran.

Diterbitkan

2024-06-30

Terbitan

Bagian

Artikel