PERAN GURU DALAM MEMBANGUN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PEMBELAJARAN PROYEK DI SDN KOTA KULON VII

Penulis

  • Rima Salamah
  • Mikkey Anggara Suganda
  • Syifa Nurbait

DOI:

https://doi.org/10.52188/jipda.v1i1.1486

Kata Kunci:

karakter peduli lingkungan, Pembelajaran Berbasis Proyek, Sekolah Dasar, Pendidikan Lingkungan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran guru dalam mengembangkan karakter peduli lingkungan pada siswa sekolah dasar melalui pembelajaran berbasis proyek di SDN Kota Kulon VII. Latar belakang penelitian ini didorong oleh perubahan lingkungan yang semakin cepat dan dramatis, yang menuntut generasi muda untuk memiliki pemahaman dan kesadaran mendalam tentang pentingnya menjaga lingkungan. Sebagai calon agen perubahan di masa depan, siswa perlu dibekali dengan karakter peduli lingkungan yang mencakup pengetahuan, sikap, dan tindakan nyata demi keberlanjutan lingkungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Populasi penelitian terdiri dari siswa kelas 5 dan 6, serta guru yang terlibat dalam kegiatan pembelajaran lingkungan. Pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru dan siswa, serta analisis dokumen terkait kegiatan proyek lingkungan. Instrumen penelitian mencakup pedoman wawancara, lembar observasi, dan analisis dokumen. Data dianalisis menggunakan teknik analisis tematik, yang melibatkan pengkodean dan pengelompokan temuan untuk mengidentifikasi pola-pola yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berperan sebagai pembimbing, motivator, dan fasilitator dalam merancang serta melaksanakan proyek-proyek lingkungan seperti daur ulang dan penanaman pohon. Guru juga bertindak sebagai teladan perilaku ramah lingkungan dan bekerja sama dengan orang tua serta komunitas untuk mendukung kegiatan lingkungan. Melalui pendekatan pembelajaran berbasis proyek, siswa tidak hanya memahami dampak dari tindakan mereka terhadap lingkungan, tetapi juga mengembangkan keterampilan sosial, meningkatkan motivasi, dan membentuk karakter peduli lingkungan. Penelitian ini memberikan kontribusi penting terhadap literatur pendidikan lingkungan dan pengembangan praktik pembelajaran berkelanjutan di tingkat sekolah dasar.

Diterbitkan

2024-06-30

Terbitan

Bagian

Artikel