Implementasi Layanan Konseling Individual Dalam Mengatasi Kedisiplinan Siswa Di Madrasah Aliyah An Nur Setupatok

Penulis

  • Azis Taruna Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Endang Sribudi Herawati Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Abdul Kholiq Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.52188/jebk.v4i2.352

Kata Kunci:

Guidance and Counseling Teacher, Service Process, Work Program

Abstrak

Guru bimbingan dan konseling atau konselor sekolah memiliki tanggung jawab memberikan layanan bimbingan dan konseling kepada siswa. Pembinaan tidak hanya diberikan kepada siswa yang bermasalah, setiap siswa berhak mendapatkan bimbingan untuk meningkatkan potensinya atau mendapatkan arahan tentang bakat dan minatnya. Guru bimbingan dan konseling atau konselor sekolah diharapkan dapat memberikan program dan layanan bimbingan konseling. SMK Al-asy'ariyah Losari Cirebon memiliki satu orang guru bimbingan dan konseling linier, guru bimbingan dan konseling memegang peranan yang sangat penting sebagai motivator, dan pembimbing bagi siswa. Selain itu, guru bimbingan dan konseling memiliki program kerja atau layanan yang dilaksanakan di sekolah dengan baik untuk membantu siswa menyelesaikan tugasnya.

Diterbitkan

2025-04-18

Cara Mengutip

Taruna, A., Herawati, E. S., & Kholiq, A. (2025). Implementasi Layanan Konseling Individual Dalam Mengatasi Kedisiplinan Siswa Di Madrasah Aliyah An Nur Setupatok. Jurnal Eksplorasi Bimbingan Dan Konseling , 4(2), 79-90. https://doi.org/10.52188/jebk.v4i2.352