Penerapan Model Pembelajaran PDEODE (Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Kelas X MIPA SMA Negeri 5 Kota Cirebon

Penulis

  • Suci Heryani IAIN Syekh Nurjati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.52188/jpfs.v4i2.146

Kata Kunci:

PDEODE (Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain, keterampilan berpikir kritis, aktivitas belajar siswa, respon siswa, pencemaran lingkungan

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengkaji penerapan strategi Active Learning tipe Everyone is A Teacher Here, (2) Mengkaji perbedaan hasil belajar biologi antar siswa, dan (3) Mengkaji respon siswa terhadap penerapan strategi Active Learning tipe Everyone is A Teacher Here. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pretest dan posttest, observasi, dan angket. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X-8 (kelas eksperimen) dan kelas X-5 (kelas Kontrol) MAN Cirebon 1 dengan purposive sampling. Data hasil penelitian kemudian dianalisis melalui uji normalitas, homogenitas, dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktivitas siswa meningkat setelah diterapkan strategi Active Learning tipe Everyone is A Teacher Here dengan menggunakan video animasi sebagian besar berada pada kategori baik dengan rata-rata persentasi pencapaian sebesar 30,54%, (2) Terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar antara siswa yang menerapkan strategi Active Learning tipe Everyone is A Teacher Here dengan yang menerapkan ceramah, (3) Sikap siswa terhadap penerapan menerapkan strategi Active Learning tipe Everyone is A Teacher Here sebagian besar termasuk dalam kategori kuat dengan persentasi sebesar 75,90%. Siswa memberikan sikap yang baik terhadap penerapan strategi Active Learning tipe Everyone is A Teacher Here pada materi masalah lingkungan.

Referensi

Ainatur Rahmah, Ina Rosdiana L, Wahidin.2015. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pokok Bahasan Ekosistem Kelas X Di Sma Negeri 1 Krangkeng. Scientiae Educatia Vol 4 Edisi 1. Diunduh dari http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/sceducatia/article/viewFile/480/409.

Costu, Bayram. 2008. Learning Science Through the PDEODE Teaching Strategy: Helping Students Make Sense of Everyday Situations. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education. 4 (1)

Depdiknas. 2006. Slide Tujuan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Pusat Kurikulum

Dipalaya, Tismi., and Aloysius Duran Corebima. 2016.The effect of PDEODE (Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain) Learning Strategy in Different Academic Abilities on Student Critical Thinking Skills in Senior High School. European Journal of Education Studies. 2 (5)

Fisher, Alec. 2009. Berpikir kritis sebuah pengantar (alih bahasa Benyamin hadinata). Jakarta: Erlangga

Joyce, B. and Jacobsen, D. A. 2009. Method For Teaching: Metode-Metode Pengajaran Meningkatkan Belajar Siswa TK-SMA. Terjemahan: Achmad Fawaid dan Khoirul Anam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Kartono, Hairida, G. Bujang. 2010. Penelusuran Budaya Dan Teknologi Lokal Dalam Rangka Rekonstruksi Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran IPA Terpadu SMP, Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2015 (SNIPS 2015) 8 dan 9 Juni 2015. Bandung, Indonesia, hlm.505-508.

Mundirotun, Hanik. 2013. Keefektifan Strategi Pembelajaran Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain (Pdeode) Untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa Pada Pemahaman Konsep Materi Buffer Dan Hidrolisis Kelas Xi Sman 1 Kayen Pati. Dalam Jurnal Penelitian UNNES Semarang, Indonesia

M. Yusuf Hidayat, Ina Rosdiana. L, Djohar Maknun. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Core (Connecting, Organizing, Reflecting, Dan Extending) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Ekosistem Di Kelas X Sman 1 Ciwaringin. Scientiae Educatia Vol 3 No 2.Diunduhdarihttp://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/sceducatia/article/view/544/479

Mukhayyarah. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran PDEODE (Predict- Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain) Terhadap Hasil Belajar Siswa Biologi Siswa Pada Konsep Sistem Pernapasan. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Naela Husna Nafila, Nurul Azmi, Novianti Muspiroh. 2016. Penerapan Pembelajaran Biologi Berbasis Iman Dan Taqwa (Imtaq) Pada Konsep Sistem Reproduksi Manusia Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Ciwaringin. Scientiae Educatia: Jurnal Sains dan Pendidikan Sains Vol. 5 (2016) No. 2: 136-143. Diunduh dari http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/sceducatia/article/view/960/863

Nasrullah. 2017. Penerapan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI Pada Konsep Sistem Eksresi Di MAN 3 Cirebon. Skripsi IAIN Syekh Nurjati Cirebon: Tidak Diterbitkan

Noviani, N. K. A. 2010. Implementasi Model Pembelajaran PDEODE (Predict Discuss Explain Observe Discuss Explain) untuk Meningkatkan Kinerja Ilmiah dan Penguasaan Konsep IPA Siswa Kelas VIIIC SMP Negeri 3 Singaraja Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi: Universitas Pendidikan Ganesha.

Ratnasari, Endang, Djohar Maknun. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Untuk Meningkatkan Sikap Peduli Terhadap Lingkungan Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Di Kelas Vii Smp Negeri 3 Sumber. Scientiae Educatia Vol 5 No 2. Diunduh dari http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/sceducatia/article/view/486/419

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Shintawati Sofiatin, Nurul Azmi, Evi Roviati.2016. Penerapan bahan ajar biologi berbasis kontekstual untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah (studi eksperimen kelas x mipa di sman 1 plumbon). Scientiae Educatia Vol. 5 (2016) No. 1: 15-24. Diunduh dari http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/sceducatia/article/viewfile/480/409.

Soniyani, N. L. P. 2009. Pengaruh PDEODE Terhadap Perubahan Miskonsepsi Dalam Pembelajaran Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bangli Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi: Universitas Pendidikan Ganesha

Sukmadinata. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosda Karya

Suyanto, S. 2012. Keefektifan Penggunaan Model Predict Observe And Explain Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Siswa. Unnes Physic Education Journal 1 (1)

Qulud, Wahidin, Yuyun Maryuningsih. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7e Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Konsep Sistem Reproduksi Kelas Xi Di Sma Negeri 1 Arjawinangun. Scientiae Educatia Vol 4 Edisi 1. Diunduh dari http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/sceducatia/article/view/268/415

Diterbitkan

2021-09-30

Cara Mengutip

Heryani, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran PDEODE (Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Kelas X MIPA SMA Negeri 5 Kota Cirebon. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 4(2), 48 - 57. https://doi.org/10.52188/jpfs.v4i2.146

Terbitan

Bagian

Articles