Analisis Tegangan Permukaan Air terhadap Perubahan Suhu dan Panjang Tali: Studi Praktikum Berbasis Cookbook
DOI:
https://doi.org/10.52188/jpfs.v8i2.1298Keywords:
Gaya Permukaan, Suhu, Metode Cookbook, PraktikumAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh variasi suhu dan panjang tali terhadap nilai tegangan permukaan air melalui pendekatan praktikum menggunakan metode cookbook. Eksperimen dilakukan dengan mengatur dua tingkat suhu (26°C dan 42°C) serta tiga panjang tali berbeda (0,10 m; 0,18 m; dan 0,20 m), dengan masing-masing kombinasi diulang sebanyak empat puluh kali. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa semakin pendek tali yang digunakan, semakin tinggi nilai tegangan permukaan yang diperoleh, terlepas dari suhu air. Namun, ditemukan hasil yang tidak sesuai teori, yaitu tegangan permukaan air bersuhu lebih tinggi justru lebih besar daripada air bersuhu rendah. Ketidaksesuaian ini kemungkinan disebabkan oleh keterbatasan alat pengukuran serta pengamatan visual yang kurang presisi. Walaupun demikian, kegiatan praktikum ini terbukti mampu memperkuat pemahaman mahasiswa terhadap konsep gaya permukaan serta meningkatkan keterampilan mereka dalam melakukan eksperimen dan analisis data.
References
Arista, D., & Widiyatmoko, A. (2022). Pengembangan LKS Berbasis Eksperimen Sederhana pada Materi Tegangan Permukaan. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 11(1), 45–51. https://doi.org/10.26740/jipf.v11n1.p45-51
Aulia, D., Hidayat, W., & Permana, I. (2024). Pembelajaran Fisika Berbasis Eksperimen dan Dampaknya terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 13(1), 98–106. https://doi.org/10.24114/jpf.v13i1.45162
Cheng, L., et al. (2021). Hydrogen bonding and interfacial tension in water. Nature Communications. https://doi.org/10.1038/s41467-021-21640-3
Farida, I., et al. (2020). Analisis Tegangan Permukaan dengan Metode Loop. Jurnal Ilmu Fisika Dasar. DOI: 10.31227/osf.io/abc789
Fitriani, A., & Yuniarti, E. (2021). Analisis Hubungan Panjang Tali dan Gaya dalam Praktikum Tegangan Permukaan. Jurnal Pendidikan dan Sains Fisika, 7(1), 32–40. https://doi.org/10.20527/jpsf.v7i1.10094
Fitriani, S., & Sugiharto, R. (2020). Guided Inquiry vs. Cookbook. Jurnal Pembelajaran Sains. DOI: 10.31227/osf.io/vwx567
Ginting, N., & Prasetyo, B. (2022). Faktor Lingkungan dalam Eksperimen Tegangan Permukaan. Jurnal Sains Eksperimen. DOI: 10.31227/osf.io/pqr901
Handayani, A., et al. (2021). Praktikum Fisika Dasar dengan Pendekatan Cookbook. Jurnal Pembelajaran Fisika. DOI: 10.31227/osf.io/mno678
Jansen, H., et al. (2020). Temperature dependence of surface tension in water. Journal of Physical Chemistry B. DOI: 10.1021/acs.jpcb.0c01234
Kurniawan, A., Hartati, R., & Maulida, R. (2023). Efektivitas Model Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing dan Cookbook terhadap Kemampuan Proses Sains. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 12(1), 115–126. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v12i1.12790
Kusumawati, D., et al. (2022). Variabel dalam Praktikum Tegangan Permukaan. Indonesian Journal of Physics Teaching. DOI: 10.31227/osf.io/yz0123
Nasir, F., et al. (2020). Surface tension modeling at nanoscale. Advanced Materials Research. DOI: 10.4028/www.scientific.net/AMR.1143.123
Ningsih, A., & Andriyani, R. (2023). Eksperimen Interaktif dalam Pembelajaran Tegangan Permukaan. Jurnal Inovasi Pendidikan. DOI: 10.31227/osf.io/def456
Nugraha, R., & Sari, P. (2023). Pengembangan Alat Praktikum Tegangan Permukaan Berbasis Mikrokontroler. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Sains, 6(1), 57–65. https://doi.org/10.32528/jtps.v6i1.62118
Pratiwi, L., & Ramadhan, R. (2021). Pengaruh Variasi Suhu terhadap Tegangan Permukaan Air. Jurnal Fisika FLUX, 18(1), 21–26. https://doi.org/10.22487/jfl.v18i1.15435
Puspitasari, T., & Wahyuni, D. (2023). Pengaruh Suhu terhadap Tegangan Permukaan Air. Jurnal Sains Terapan.https://doi.org/10.31227/osf.io/xyz123
Putri, R. N., Susilowati, E., & Lestari, N. (2023). Penerapan Model Cookbook dan Inkuiri Terbimbing dalam Praktikum Fisika Dasar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 11(2), 210–219. https://doi.org/10.24815/jpsi.v11i2.28239
Ramadhani, I., & Oktavia, D. (2023). Efektivitas LKS Praktikum Fisika Berbasis Masalah dan Cookbook terhadap Hasil Belajar. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 10(2), 185–193. https://doi.org/10.26418/jipf.v10i2.63049
Rohayati, D., et al. (2021). Surface tension dynamics in physics experiments. Jurnal Fisika Indonesia.https://doi.org/10.22146/jfi.v25i1.60649
Santoso, T., & Rizki, M. (2022). Studi Eksperimen Tegangan Permukaan Menggunakan Cincin dan Neraca Pegas. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 8(2), 130–138. https://doi.org/10.36655/saintek.v8i2.1693
Setiawan, B., & Lestari, S. (2021). Hubungan Panjang Tali dengan Gaya Permukaan. Jurnal Fisika Terapan. DOI: 10.31227/osf.io/jkl345
Simatupang, M., et al. (2022). Strategi Praktikum Cookbook dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. DOI: 10.24815/jpsi.v10i2.23456
Sudrajat, H., et al. (2023). Studi Empiris Tegangan Permukaan terhadap Temperatur. Jurnal Fisika Unpad.https://doi.org/10.24198/jfu.v25i1.473
Widiastuti, N., Utari, S., & Hidayat, A. (2021). Analisis Implementasi Praktikum Fisika Berbasis Cookbook terhadap Pemahaman Konsep Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 7(1), 55–62. https://doi.org/10.29303/jpft.v7i1.2431
Wijaya, A. (2022). Penggunaan Termometer Digital dalam Laboratorium. Jurnal Alat Ukur Fisika, 11(2), 80–87. https://doi.org/10.30591/jauf.v11i2.389
Wijayanti, E., et al. (2021). Integrasi Sensor dalam Praktikum Fisika. Jurnal Teknologi Pendidikan Fisika. DOI: 10.31227/osf.io/abc456
Yuliana, N., & Ardiansyah, R. (2021). Pengolahan Data Praktikum Fisika. Physics Education Review. DOI: 10.31227/osf.io/stu234
Zhang, X., et al. (2022). Smart lab instrumentation for surface tension. Sensors and Actuators B. DOI: 10.1016/j.snb.2022.130456
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2025 Azrisa Mutia, Ahmad Hafidudin, Sonja Widya Aprillia, Wifa Alifatun Nisa, Adam Malik

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright Transfer Agreement
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and Physics Education Programs of UNU Cirebon as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc. , will be allowed only with a written permission from Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and UNU Cirebon.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and UNU Cirebon and the Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) are sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.













