Pengaruh Multimedia Interaktif Berbasis Learning Cycle Terhadap Hasil Belajar Siswa

Penulis

  • Damar Septian Prodi Pendidikan Fisika Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.52188/jpfs.v2i1.64

Kata Kunci:

multimedia interaktif, learning cycle 7E, hasil belajar siswa, ilmu pengetahuan alam

Abstrak

Multimedia interaktif berbasis learning cycle pada materi alat optik IPA di SMP perlu untuk diimplementasikan untuk mengurangi mis-interpretasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh multimedia interaktif berbasis learning cycle terhadap hasil belajar siswa; (2) penilaian siswa terhadap multimedia interaktif berbasis learning cycle. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas VIII D dan kelas VIII E. Kelas VIII E terpilih menjadi kelas eksperimen sedangkan kelas VIII D terpilih menjadi kelas kontrol. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu: (1) ada pengaruh multimedia interaktif berbasis learning cycle terhadap hasil belajar kognitif siswa dengan nilai signifikansi 0,000; (2) kategori penilaian siswa terhadap multimedia interaktif pada komponen daya tarik, tingkat kesulitan, dan manfaat adalah sangat baik.

Referensi

Arikunto, S. (2010). Research Procedure A Practical Approach. Jakarta: PT Rineka Reserved.

Arsyad, A. (2003). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Azwar, S. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Budi, T. P. (2006). SPSS 13.0 Terapan: Riset statistik parametrik. Yogyakarta: Andi. Dewi, T. A. (2015). Implementasi Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Ekonomi di Sekolah. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(2). Eisenkraft, A. (2003). Expanding the 5E model. The Science Teacher -Washington-, 70(6), 56–59. Diambil dari https://goo.gl/wSEhfC Gunawan, G., Harjono, A., & Imran, I. (2016). Pengaruh Multimedia Interaktif dan Gaya Belajar Terhadap Penguasaan Konsep Kalor Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 12(2), 118–125. Hanim, F., Sumarmi, S., & Amirudin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Penginderaan Jauh Terhadap Hasil Belajar Geografi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(4), 752–757. Hidayatullah, M. F. (2009). Guru Sejati: Membangun Insan Berkarakter Kuat dan Cerdas. Surakarta: Yuma Pustaka. Irfan, M. (2012). Pengembangan multimedia interaktif untuk pembelajaran mata kuliah konsep dasar IPA I. Publikasi Pendidikan, 2(1). Kocakaya, S., & Gonen, S. (2010). The effects of computer-assisted instruction designed according to 7E model of constructivist learning on physics student teachers’ achievement, concept learning, self-efficacy perceptions and attitudes. Turkish Online Journal of Distance Education, 11(3), 206–224.

Leow, F.-T., & Neo, M. (2014). Interactive Multimedia Learning: Innovating Classroom Education in a Malaysian University. Turkish Online Journal of Educational Technology-TOJET, 13(2), 99–110. Lona, M. J. (2009). Pengaruh Penggunaan Multimedia dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Ngantang Kabupaten Malang pada Materi Keragaman Bentuk Muka Bumi, Proses Pembentukan, dan Dampaknya dalam Kehidupan. Universitas Negeri Malang. Miarso, Y. (2004). Menyemai benih teknologi pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media. Munadi, Y. (2008). Media Pembelajaran sebuah pendekatan baru. Jakarta: Gaung Persada Press. Nandi, N. (2016). Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Geografi di Persekolahan. Jurnal Geografi Gea, 6(2). Purwanto, M. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Radityan, F. T., Kuntadi, I., & Komaro, M. (2016). Pengaruh Multimedia Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Perbaikan Differential. Journal of Mechaninal Engineering Education, 1(2), 239–245. Saputra, W., & Purnama, B. E. (2011). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Mata Kuliah Organisasi Komputer. Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 4(2). Septian, D. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Learning Cycle pada Materi Alat Optik Menggunakan Flash dalam Pembelajaran IPA SMP Kelas Viii. UNS (Sebelas Maret University). Diambil dari https://goo.gl/HjEsJx

Siribunnam, R., & Tayraukham, S. (2009). Effects of 7-E , KWL and Conventional Instruction on Analytical Thinking , Learning Achievement and Attitudes toward Chemistry Learning. Journal of Social Sciences, 5(4), 279–282. Situmorang, J. (2014). Pengembangan Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Internet Pelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan, 1(2), 191–200. Sornsakda, S., Suksringarm, P., & Singseewo, A. (2009). Effects of learning environmental education using the 7E-learning cycle with metacognitive techniques and the teacher’s handbook approaches on learning achievement, integrated science process skills and critical thinking of mathayomsuksa 5 students with different learning achievement. Pakistan Journal of Social Sciences, 6(5), 297–303. Sudijono, A. (2011). Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2007). Teknologi Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo. Suharsimi, A. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Surya, M. (2004). Psikologi pembelajaran dan pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy. Suryosubroto, B. (1997). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta. Sutarno, E., & Mukhidin, M. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pengukuran untuk Meningkatkan Hasil dan Kemandirian Belajar Siswa SMP di Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 21(3). Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana. Wahyuni, E. (2012). Pengaruh pemanfaatan multimedia dalam pembelajaran fisika terhadap pemerolehan belajar. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 7(1).

Diterbitkan

2019-05-06

Cara Mengutip

Septian, D. (2019). Pengaruh Multimedia Interaktif Berbasis Learning Cycle Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 2(1), 6-16. https://doi.org/10.52188/jpfs.v2i1.64

Terbitan

Bagian

Articles