Meta Analisis: Penerapan Media Pembelajaran Google Sites pada Pembelajaran IPA
DOI:
https://doi.org/10.52188/jpfs.v6i2.443Kata Kunci:
Meta analisis, Google sites, Media PembelajaranAbstrak
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam sampai saat ini masih belum mendapatkan hasil yang memuaskan walaupun siswa sudah belajar IPA sejak di bangku Sekolah Dasar (SD), oleh karena itu diperlukan media yang dapat membantu siswa untuk meningkatkan kualitas belajar. Salah satunya dengan memberikan media pembelajaran Google Sites pada pembelajaran IPA. Tujuan dari meta analisis ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Google Sites Pada Pembelajaran IPA. Metode penelitian meta analisis ini terdiri dari merumuskan masalah, mengumpulkan data (studi), pengkodean data, dan menganalisis data dan interpretasi. Dari hasil pencarian artikel diperoleh 20 artikel pengaruh pengembangan media pembelajaran Google sites pada pembelajaran IPA. Terdapat 7 artikel yang memenuhi kriteria untuk dimasukkan: ketika proses pembelajaran menggunakan Google sites pada pembelajaran IPA. Ulasan ini mengungkapkan bahwa ada efek positif yang kuat dari pengaruh pengembangan media pembelajaran Google sites pada pembelajaran IPA. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa hasil meta analisis diperoleh effect size dari pengaruh pengembangan media pembelajaran Google sites pada pembelajaran IPA sebesar 1,6 yang tergolong tinggi yaitu 95%.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2023 Nur Hayunnita, Yuliani, Nasir
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright Transfer Agreement
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and Physics Education Programs of UNU Cirebon as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc. , will be allowed only with a written permission from Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and UNU Cirebon.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and UNU Cirebon and the Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) are sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.