Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Topik Hukum ArchimedesMenggunakan Pendekatan STEM

Penulis

  • Isti Fuji Lestari Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.52188/jpfs.v6i1.325

Kata Kunci:

Hukum Archimides, Kemampuan Pemecahan Masalah, Pendekatan STEM

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa pada topik hukum Archimedes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa pada topik hukum Archimedes menggunakan pendekatan STEM. Metode penelitian yang digunakan yaitu pre experiment dengan rancangan one shot pretest-posttest group. Sampel penelitian dipilih satu kelas secara acak dari lima kelas di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Garut. Data kemampuan pemecahan masalah diambil dari hasil tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) berbentuk soal uraian pada topik hukum Archimedes. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan kemampuan pemecahan masalah tertinggi terdapat pada indikator memfokuskan masalah dan peningkatan paling rendah terdapat pada indikator mengevaluasi solusi. Secara umum, peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa pada topik hukum Archimedes setelah diterapkannya Pendekatan STEM yang diintegrasikan dengan model pembelajaran experiential Kolb termasuk dalam kategori sedang. 

Referensi

Creswell, J.W. (2014). Research Design: Quantitative, Qualitative, and Mixed Methods Approaches. United Stated of America: SAGE Publications.

Elita, G., Habibi, M., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Metakognisi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 447-458.

Fraenkel, J.R., Wallen, N.E., dan Hyun, H.H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education Eight Edition. New York: McGrow Hill Company.

Hake, R.R. (1999). Analyzing Change/Gain Score. American Educational Research Associations Division Measurement and Research Methodology. Diakses dari http://www.physics.indiana.edu/ ~sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf

Lestari, I.F. (2017). Model Pembelajaran Experiential Kolb untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Fluida Statis. Prosiding SNIPS, hlm 320-325.

Lestari, I.F. (2019). Pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematic (STEM) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa pada Konsep Tekanan Hidrostatis. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, Vol. 13 (1), hlm. 103-109.

Lestari, I.F., & Muhajir, S.N. (2021). Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Fluida Statis. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, Vol. 1 (1), hlm. 103-109.

Martin, M, O., Ina V.S Mullis., Pierre, F., & Martin, H. (2015). TIMSS 2015. International Results in Science.

Purwanto, Rudi. 2020. Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA pada Hukum Archimedes. PALAPA: Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan. Vol. 8(1), hlm 17-28.

Sumiantari, N.L.E, Suardana, I.N., Selamet, K. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Siswa Kelas VIII SMP. JPPSI: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia, Vol. 2(1), hlm 12-22.

Quang, L.X. dkk. (2015). Integrated Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) Education through Active Experience of Designing Technical Toys in Vietnamese Schools. British Journal of Education, Society and Behaviuoral Science, 11(2), hlm. 1-12.

Diterbitkan

2023-03-02

Cara Mengutip

Lestari, I. F. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Topik Hukum ArchimedesMenggunakan Pendekatan STEM. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 6(1), 8-13. https://doi.org/10.52188/jpfs.v6i1.325

Terbitan

Bagian

Articles