Merancang Media Pembelajaran Berdasarkan Bagaimana Siswa Belajar

Penulis

  • Asep Irvan Irvani Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.52188/jpfs.v5i1.205

Kata Kunci:

Dosen, Guru, Kemitraan Lesson Study, Media Pembelajaran

Abstrak

Mahasiswa calon guru memerlukan kompetensi dalam merancang dan membuat media pembelajaran. Namun media pembelajaran seperti apa yang harus dibuat dan dikuasai oleh mahasiswa tergantung pada kondisi siswa di dalam pembelajaran. Pada proses perkuliahan, pengamatan terhadap siswa secara langsung di lapangan masih sangat terbatas. Sehingga konteks-konteks yang relevan sebagai kajian perkuliahan masih perlu penguatan. Melalui program kemitraan dengan sekolah, penggalian informasi terkait media pembelajaran dapat menyelesaikan permasalahan pokok dalam perkuliahan. Program ini telah dilaksanakan di salah satu sekolah menengah pertama negeri di Kabupaten Garut yang melibatkan kepala sekolah, empat guru yang mengampu mata pelajaran ilmu pengetahuan alam, dan 48 orang siswa. Pada program kemitraan ini telah dilakukan siklus lesson study yang meliputi perencanaan, pelaksanaan pembelajaran dan observasi, serta refleksi pembelajaran. Selain melakukan siklus lesson study, kegiatan yang dilakukan pada kemitraan ini adalah diskusi perancangan media dan bahan ajar. Temuan yang diperoleh dari kegiatan lesson study terkait media pembelajaran dapat diuraikan dari masing-masing bagian lesson study. Pada bagian perencanaan ditemukan bahwa guru belum terbiasa untuk merancang sendiri media pembelajaran sesuai dengan tujuan dan karakteristik siswa. Pada bagian pelaksanaan pembelajaran ditemukan bahwa media pembelajaran yang digunakan berpengaruh pada aktivitas komunikasi, kolaborasi, dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran.

Referensi

Artanti, F. R., Utomo, D. H., & Sahrina, A. (2021). Pengaruh model discovery learning berbantuan lembar kegiatan siswa (LKS) terhadap kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gondanglegi. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1(3), 350-360.

Bagasta, A. R., Rahmawati, D., Wahyuni, I. P., & Prayitno, B. A. (2018). Profil Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik di Salah Satu SMA Negeri Kota Sragen. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 7(2), 121-129.

Cut Fitriani, M. A., & Usman, N. (2017). Kompetensi profesional guru dalam pengelolaan pembelajaran di MTs Muhammadiyah Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 5(2).

Farib, P. M., Ikhsan, M., & Subianto, M. (2019). Proses berpikir kritis matematis siswa sekolah menengah pertama melalui discovery learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 99-117.

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to design and evaluate research in education.

Hendarwati, E., Yarno, Y., & Saida, N. (2019). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Kemitraan Dosen dan Guru. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 28-38.

Nofiana, M. (2017). Profil kemampuan literasi sains siswa smp di kota purwokerto ditinjau dari aspek konten, proses, dan konteks sains. JSSH (Jurnal Sains Sosial dan Humaniora), 1(2), 77-84.

Purba, R. A., Rofiki, I., Purba, S., Purba, P. B., Bachtiar, E., Iskandar, A., ... & Purba, B. (2020). Pengantar Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Rahmawati, A. (2018). Kesulitan Guru IPA dalam Pelaksanaan Praktikum IPA di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Sujudi, M. S., Idris, T., Suryanti, S., & Handayani, P. H. (2020). Profil Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP Islam As-Shofa Kota Pekanbaru Berdasarkan PISA. Journal of Natural Science and Integration, 3(1), 58-69.

Turrahmi, N., Yahya, F., & Erfan, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Microsoft Office Power Point pada Materi Objek IPA dan Pengamatannya untuk SMP Kelas VII. QUARK: Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika Dan Teknologi, 1(1), 1-10.

Diterbitkan

2022-03-23

Cara Mengutip

Irvani, A. I. (2022). Merancang Media Pembelajaran Berdasarkan Bagaimana Siswa Belajar. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 5(1), 1-9. https://doi.org/10.52188/jpfs.v5i1.205

Terbitan

Bagian

Articles