Analisis Kualitas Air Hippam Sari Tirto Dengan Parameter Fisik Sebagai Penunjang Kebutuhan Sehari – Hari Warga Desa Gumirih Banyuwangi

Penulis

  • Putpita Sari Pendidikan Fisika

DOI:

https://doi.org/10.52188/jpfs.v4i2.158

Kata Kunci:

kualitas air, parameter fisik, banyuwangi, hippam

Abstrak

Rendahnya pengetahuan masyarakat mengenai kualitas air menjadi masalah utama krisis air bersih. Laju mobilitas yang tinggi juga mempengaruhi terhadap kualitas air. Sehingga banyak masyarakat yang memanfaatkan air HIPPAM, PDAM dan sumur gali tanpa mereka tau mengenai standart baku air layak konsumsi, maka dari itu dilakukan penelitian tentang analisis kualitas air HIPPAM “Sari Tirto” dengan parameter fisik sebagai penunjang kebutuhan sehari – hari warga desa Gumirih kabupaten Banyuwangi. penelitian ini bertujuan menentukan uji parameter fisika pada instalasi pengolahan air HIPPAM  Sari Tirto meliputi: warna, bau, jumlah zat padat terlarut (TDS), suhu, rasa serta pH. Metode Observasi dilapangan merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini, dengan pengambilan sampel di tiga titik kran HIPPAM lalu di Analisis di Laboratorium. Adapun hasil penelitian parameter fisika air yaitu: warna, rasa, bau, TDS, pH. akan dibandingkan dengan  aturan Menteri Kesehatan Nomor. 492/Menkes/per /IV/2010. Hasil analisis parameter fisika air HIPPAM dengan variabel bau, rasa, warna memenuhi standar baku, suhu di 3 lokasi berturut – turut 280C,290C,270C. sedangkan untuk TDS hasil yang diperoleh  pada lokasi pertama hingga ketiga adalah 179 Mg/L, 180 Mg/L, 178 Mg/L. Ph dari lokasi pertama hingga ketiga 6,6-7,8. Dapat disimpulakan hasil analisis parameter air HIPPAM Sari Tirto Sudah memenuhi Standar Permenkes  Nomor. 492/Menkes/per /IV/2010.

Referensi

Azizah,Cut. (2013). Metoda analisis kebutuhan air dalam mengembangkan sumberdaya air. LENTERA.vol 13(1).

Chang, Raymond. (2005). Kimia Dasar: Konsep-Konsep Inti Jilid 2 Edisi Ketiga. Jakarta : Erlangga.

Effendi H. (2003). Telaah Kualitas Air Bagi Pengelolaan Sumber Daya Dan Lingkungan Perairan.Cetakan Kelima. Yogyakarta: Kanisus.

Soemirat. 2009. Kesehatan Lingkungan. Yogyakarta. Gajah Mada University Press.

Slamet, J.S. 2007. Kesehatan Lingkungan. Yogyakarta: Gadjah Mada Press

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2017 Tentang Standar Baku Mutu Kesehatan Lingkungan Dan Persyaratan Kesehatan Air Untuk Keperluan Higiene Sanitasi, Kolam Renang, Solus Per Aqua, Dan Pemandian Umum.

Diterbitkan

2021-09-30

Cara Mengutip

Sari, P. (2021). Analisis Kualitas Air Hippam Sari Tirto Dengan Parameter Fisik Sebagai Penunjang Kebutuhan Sehari – Hari Warga Desa Gumirih Banyuwangi. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 4(2), 58 - 63. https://doi.org/10.52188/jpfs.v4i2.158

Terbitan

Bagian

Articles