PENGARUH PERMAINAN BOLA KECIL TERHADAP KOORDINASI MATA DAN TANGAN SISWA SD KELAS V
Kata Kunci:
permainan bola kecil, koordinasi mata tangan, siswa SDAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan bola kecil terhadap koordinasi mata dan tangan siswa kelas V Sekolah Dasar. Koordinasi mata dan tangan merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan motorik anak yang dapat ditingkatkan melalui aktivitas fisik yang menyenangkan dan terstruktur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian adalah 32 siswa kelas V di SD Negeri 1 Karangmoncol. Instrumen yang digunakan adalah tes lempar tangkap bola untuk mengukur kemampuan koordinasi sebelum dan sesudah perlakuan. Perlakuan yang diberikan berupa pembelajaran PJOK melalui permainan bola kecil seperti kasti dan lempar tangkap selama enam pertemuan. Hasil analisis menggunakan paired sample t-test menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada skor koordinasi mata dan tangan siswa setelah perlakuan, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa permainan bola kecil berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan koordinasi mata dan tangan siswa sekolah dasar.
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Olahraga Nasional

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Diterbitkan oleh Prodi PJKR UNU Cirebon