http://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jona1/issue/feedJurnal Olahraga Nasional2025-08-27T00:00:00+00:00Risa Herdiyana Bastianrisa-herdiyana@unucirebon.ac.idOpen Journal Systems<p><strong>JONA - Jurnal Olahraga Nasional </strong>adalah jurnal blind review (ISSN On Process) untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas di bidang Olahraga. Semua publikasi di Jurnal Olahraga Nasional (JONA) bersifat <strong><em>Open Acce</em><em>s</em><em>s</em></strong> yang memungkinkan artikel tersedia secara bebas online tanpa berlangganan apapun. JONA terbit satu tahun dua kali yaitu bulan <strong>Februari</strong> dan <strong>Agustus</strong></p>http://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jona1/article/view/1045Efektivitas Model Pembelajaran TGFU (Teaching Games For Understanding) dalam Meningkatkan Keterampilan Bermain Futsal2024-12-22T16:40:25+00:00Ari Gana Yuliantoarigana05@gmail.comAi Faridahaifaridah88@gmail.comDian Permanadianpermana@stkip-purwakarta.ac.idBela Santikasantikabela@upi.eduWawan Kurniawanwawankurniawan@gmail.com<p>Penelitian ini mengkaji efektivitas model pembelajaran Teaching Games for Understanding (TGFU) dalam meningkatkan keterampilan bermain futsal siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X dan XI SMAN 1 Campaka, dengan sampel 20 siswa laki-laki yang aktif dalam ekstrakurikuler futsal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model TGFU memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan keterampilan bermain futsal siswa. Kelompok eksperimen yang menggunakan model TGFU menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam keterampilan bermain futsal dibandingkan dengan kelompok kontrol yang menggunakan model pembelajaran teknik konvensional. Model TGFU memberikan suasana belajar yang menyenangkan dan interaktif, karena siswa belajar melalui permainan yang menyenangkan dan relevan. Model ini tidak hanya berfokus pada teknik, tetapi juga mengajarkan siswa untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah taktis dalam permainan, serta membuat keputusan yang tepat dalam situasi permainan. Hasil penelitian ini sejalan dengan teori Suzanne Glavin dan Kirk dalam Hopper yang menekankan pentingnya pendekatan taktis dalam pembelajaran olahraga untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengambil keputusan yang tepat dan meningkatkan penampilan mereka selama permainan. Secara keseluruhan, penerapan model Teaching Games for Understanding (TGFU) terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan bermain futsal siswa. Model ini membantu siswa memahami permainan dengan lebih baik, meningkatkan motivasi belajar mereka, dan memperkuat kemampuan mereka dalam menghadapi situasi taktis selama pertandingan.</p>2025-08-27T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Jurnal Olahraga Nasional