Profil Adaptabilitas Karier Siswa Kelas XII Automotif SMK PGRI 2 Palimanan Kabupaten Cirebon

Penulis

  • Mukhyidin Mukhyidin Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Andi Kiswanto Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.52188/jebk.v5i2.355

Kata Kunci:

Profil, Adaptabilitas, Karier

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur adaptabilitas karier siswa kelas XII Otomotif di SMK PGRI 2 Palimanan. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif, yang bertujuan untuk mendeskripsikan keadaan saat ini secara sistematis dan faktual. Data dikumpulkan melalui pengukuran adaptabilitas karier pada 79 siswa, yang dibagi menjadi dua kategori: tinggi dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 56 siswa (68,35%) memiliki adaptabilitas karier tinggi, sementara 23 siswa (31,65%) memiliki adaptabilitas karier rendah. Skor tertinggi yang diperoleh siswa adalah 72, dan skor terendah adalah 45, dengan skor rata-rata 57,64. Hal ini menunjukkan bahwa mayoritas siswa memiliki adaptabilitas karier yang baik. Peningkatan adaptabilitas karier siswa dipengaruhi oleh kerjasama antara guru Bimbingan dan Konseling (BK) dan ketua Bimbingan Karier (BKK) dalam memberikan pemahaman tentang jenjang karier dan motivasi. Layanan bimbingan karier di SMK PGRI 2 Palimanan membantu siswa untuk mencari dan menentukan bidang karier yang sesuai dengan diri mereka. Dengan demikian, layanan bimbingan karier yang efektif dapat mendukung perkembangan karier siswa.

Diterbitkan

2025-04-20

Cara Mengutip

Mukhyidin, M., & Kiswanto, A. (2025). Profil Adaptabilitas Karier Siswa Kelas XII Automotif SMK PGRI 2 Palimanan Kabupaten Cirebon. Jurnal Eksplorasi Bimbingan Dan Konseling , 5(2), 59-70. https://doi.org/10.52188/jebk.v5i2.355