Profil Guru Bk di MAN 1 cirebon
DOI:
https://doi.org/10.52188/jebk.v4i1.299Abstrak
Pemikiran awal yang mendasari studi ini adalah profile guru BK harus diketahui terlebih dahulu agar bimbingan konseling dapat diterapkan dengan baik sesuai fungsi dari guru BK itu sendiri di setiap sekolah khususnya Madrasah Aliyah Negeri 1 Cirebon. Profil guru BK diperlukan untuk mengetahui latar belakang profesi seorang guru BK dengan demikian dapat diketahui tugas, peran dan kompetensi yang dimilikinya.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini terdapat tiga guru Bimbingan dan Konseling yang berada di MAN 1 Cirebon, terdapat sistem organisasi guru Bimbingan dan Konseling di MAN 1 Cirebon, program kegiatan yang di laksanakan meliputi Penyusunan program kegiatan, Program Bimbingan dan Konseling, Pelayanan Bimbingan dan Konseling dan kegiatan pendukung, dengan adanya pelaksanaan bimbingan dan konseling secara berkesinambungan ini diharapkan peserta didik mampu merubah karakter individunya lebih baik dalam lingkungan sekolah, lingkungan rumah maupun lingkungan masyarakat agar menjadi lebih baik.