Profil Pemahaman Kesuksesan Karir Siswa Dalam Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi (Study Kasus Di Kelas XII SMA Negeri 3 Cirebon)
DOI:
https://doi.org/10.52188/jebk.v5i1.297Kata Kunci:
Layanan Karir, Siswa Kelas XII, MA Negeri 3 CirebonAbstrak
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa dan guru BK di SMA Negeri 3 Cirebon. Dari populasi siswa kelas XII SMA Negeri 3 Cirebon sejumlah 320 siswa dan sampel digunakan dengan taraf kesalahan 10% chi kuadrat dari jumlah populasi yaitu 147 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan terhadap bentuk-bentuk pelaksanaan bimbingan karir yang dilakukan di sekolah. Melalui kegiatan bimbingan karir, peserta didik dibekali dengan kegiatan yang berhubungan dengan bagaimana merencanakan masa depan artinya siswa mulai jadi sejak awal masuk diberi arahan dan pengetahuan tentang dunia kerja sesuai dengan bidangnya yang diinginkan. Dengan begitu siswa merencanakan karirnya dengan sesuai tanpa adanya kekeliruan dan siswa dapat berhasil mencapai karir yang diinginkan.