Tutoring to Overcome Learning Difficulties in Middle School Students
DOI:
https://doi.org/10.52188/jebk.v5i1.293Kata Kunci:
Tutoring, Learning DifficultiesAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar siswa melalui Layanan Bimbingan Belajar yang berfokus pada minat dan motivasi siswa dalam belajar agar dapat mengatasi Kesulitan Belajar Siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu Studi Literatur. Berdasarkan hasil Studi Literatur diperoleh gambaran bahwa Layanan Bimbingan Belajar dapat mengatasi kesulitan belajar siswa. Layanan Bimbingan belajar dapat menyelesaikan masalah belajar dan juga membantu siswa dalam (a) memiliki sikap dan kebiasaan belajar yang positif, (b) Memiliki motif yang tinggi untuk belajar sepanjang hayat, (c) Memiliki keterampilan atau teknik belajar yang efektif, (d) Memiliki keterampilan menetapkan tujuan dan perencanaan pendidikan, (e) Memiliki kesiapan mental dan kemampuan untuk menghadapi ujian.