Layanan Bimbingan Kelompok Belajar Dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Kelas IX Cerdas Istimewa Di SMP Negeri 5 Kota Tasikmalaya

Penulis

  • Dita Imtisal Taqwa Universitas Ahmad Dahlan
  • Wahyu Nanda Eka Saputra Universitas Ahmad Dahlan
  • Dra Nur Handayani Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.52188/jebk.v5i1.285

Kata Kunci:

Interaksi Sosial, Bimbingan Kelompok Belajar, Cerdas Istimewa

Abstrak

Interaksi Sosial merupakan cara membina hubungan timbal balik yang saling mempengaruhi antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, atau kelompok dengan kelompok dalam hubungan timbal balik tersebut dapat saling membentuk suatu perilaku. Perlu adanya usaha untuk meningkatkan interaksi sosial dengan memberikan layanan bimbingan kelompok belajar. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok belajar dalam meningkatkan interaksi sosial siswa kelas IX Cerdas Istimewa di SMP Negeri 5 Tasikmalaya. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan menggunakan desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian ini berjumlah 19 siswa. Berdasar perhitungan skor pre-test, terpilih 9 siswa sebagai subjek penelitian dengan tingkat interaksi sosial dalam kategori sedang dan rendah. Analisis uji validitas dengan rumus product moment dan analisis uji reliabilitas dengan rumus alpha cronbach. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket interaksi sosial dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis uji wilcoxon signed ranks test. Hasil penelitian diketahui nilai Z yang didapat sebesar -2,668 dengan p value Asymp. Sig (2-Tailed) sebesar 0,008 dimana nilai tersebut kurang dari batas kritis penelitian yaitu 0,05. Skor rata-rata interaksi sosial siswa sebelum dilaksanakan bimbingan kelompok belajar sebesar 100,66 yang berada dalam kategori rendah, setelah dilaksanakan bimbingan kelompok belajar meningkat rata-rata sebesar 39,1 poin menjadi 139,78 yang berada dalam kategori tinggi. Berdasarkan penjelasan di atas, maka pada penelitian ini dapat diambil kesimpulan yaitu layanan bimbingan kelompok belajar efektif dalam meningkatkan interaksi siswa kelas IX Cerdas istimewa pada siswa di SMP Negeri 5 Tasikmalaya.

Diterbitkan

2025-04-20

Cara Mengutip

Taqwa, D. I. ., Saputra, W. N. E. ., & Handayani, D. N. . (2025). Layanan Bimbingan Kelompok Belajar Dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Kelas IX Cerdas Istimewa Di SMP Negeri 5 Kota Tasikmalaya. Jurnal Eksplorasi Bimbingan Dan Konseling , 5(1), 6-14. https://doi.org/10.52188/jebk.v5i1.285